Assalamualaikum sahabat Al Hilal! Giat belajar santri Rumah Tahfidz Al Hilal 5 Pasirbiru di Pondok sementara masih dilaksanakan. Bersama Ustaz Hilwa, Ustaz Ilham dan Ustaz Hafidz, mulai dari belajar makharijul huruf dan hafalan, belajar tsaqofah islamiyah dan tahsin, hingga setoran hafalan Quran pun telah dilaksanakan pada Selasa (04/07/2023).

Tahukah Sahabat Al Hilal? karena Pondok Rumah Tahfidz Al Hilal 5 Pasirbiru sedang melakukan pembangunan masjid, kini para santri pun melaksanakan kegiatan belajar mengajar dan mengajinya di pondok sementara yang berlokasi tak jauh dari pondok, yaitu di Villa Balong.

Ditutup dengan Setoran Hafalan Sebelumnya
Dokumentasi pesantrenalhilal.com

Jangan khawatir, tempatnya sangat nyaman kok! Dan seperti yang Sahabat Al Hilal ketahui, bahwa berbagai kegiatan senantiasa dilaksanakan oleh para santri Pesantren dan Rumah Tahfidz Al Hilal 1 hingga 8. Kini, para santri memulai kegiatannya dengan makharijul huruf dan hafalan.

Makhorijul huruf adalah salah satu materi yang penting dipelajari ketika anda akan membaca kitab suci Al Quran. pembelajaran ini juga sangat erat berkaitan dengan ilmu tajwid. Seperti yang diketahui, makhraj sendiri memiliki arti yaitu tempat keluarnya suatu huruf. dapat dipahami bahwa kita harus melafalkan bacaan ayat Al Quran secara baik agar dapat membedakan bunyi huruf satu dengan lainnya.

Selain itu, para santri Pesantren Al Hilal 2 Cipadung pun menghafal surat-surat baru di Al Quran, loh! Alhamdulillah, para santri pun sangat luar biasa dalam menghafal surat-surat baru tersebut. Tak butuh waktu banyak, para santri berhasil menghafal beberapa surat baru.

Dilanjutkan dengan belajar tsaqofah islamiyah dan tahsin, Sahabat Al Hilal masih ingat kan apa itu tsaqofah islamiyah? tsaqofah Islamiyah adalah pengetahuan yang aqidah Islamiyah menjadi sebab pembahasan, pengajaran dan penyebarannya.

Dokumentasi pesantrenalhilal.com

Dilanjutkan dengan belajar makharijul huruf, menyempurnakan makharijul huruf bertujuan agar seseorang dapat membaca Al Quran dengan baik dan benar sehingga maknanya tidak keliru. Karena jika terjadi suatu kesalahan dalam pelafalan huruf hijaiyyah, hal tersebut dapat memberikan arti atau makna baru.

Diakhiri dengan pelaksanaan tahsin, Sahabat Al Hilal masih ingat apa itu tahsin? Tahsin adalah kata dari bahasa Arab yang berarti memperbaiki, meningkatkan, atau memperkaya. Hal ini juga umumnya digunakan sebagai nama yang diberikan untuk anak-anak laki-laki di dunia Arab dan Islam.

Masya Allah Tabarakallah, tak henti-hentinya para santri melaksanakan berbagai kegiatan positifnya di pondok. Insya Allah, seluruh kegiatan tersebut akan senantiasa bermanfaat bagi mereka semua, keluarga dan masyarakat sekitar.

Youtube: Laziswaf Al Hilal & Pesantren Yatim Alhilal

Penulis: Aisyah

×