Assalamualaikum sahabat Al Hilal! Alhamdulillah wa Syukurillah, Pengajian Ummahat Rumah Tahfidz Al Hilal 4 Cirebon kembali dilaksanakan pada Ahad (22/01/2023). Berlokasi di:

📍 Masjid Buana Kassiti Perumahan Saputra Raya, Desa Galagamba, Kecamatan Ciwaringin, Kabupaten Cirebon.

Bersama Ustazah Tety Herawati, S.Pd, C.Ht. Dengan tema “Hypnoparenting”, kegiatan tersebut InsyaAllah memberikan bekal kepada Wali Santri, warga sekitar, dan tamu undangan dalam mendidik anak melalui tindakan yang positif untuk menciptakan hubungan antara anak dan orang tua yang lebih dekat.

Pengajian Ummahat “Hypnoparenting” Rumah Tahfidz Al Hilal 4
Dokumentasi pesantrenalhilal.com

Melansir dari laman Popmama.com, bahwa Hypnoparenting adalah metode pengasuhan anak dengan menerapkan teknik hipnotis di dalamnya. Dengan kata lain, orang tua memberikan sugesti kepada si buah hati agar ia melakukan hal-hal positif. Hipnosis yang digunakan di sini bukanlah seperti apa yang sering dilihat di program TV, melainkan hipnosis sebagai sebuah teknik untuk meningkatkan konsentrasi secara verbal maupun gambaran mental.

Secara bahasa, hypnoparenting adalah satuan kata yang terdiri dari dua kata hypnosis dan parenting. Suatu metode yang dilakukan untuk memberikan sugesti positif (hypnosis) yang dilakukan orangtua kepada anaknya berkaitan dengan perkembangan anak dan pendidikan anak.

Dilaksanakan mulai pukul 08.00 WIB hingga pukul 11.00 WIB, Alhamdulillah wa Syukurillah, kegiatan tersebut berjalan dengan lancar dan khikmat.

Acara ini dimulai dengan pembukaan dengan bacaan basmalah oleh mc, tilawah al quran dan terjemahannya, juga sambutan secara online oleh Ustaz Topan Tamala selaku pimpinan Rumah Tahfidz Al Hilal 4 Cirebon, dilanjut dengan sambutan oleh perwakilan panitia dan sambutan oleh ketua RT perumahan saputra raya, dilanjutkan dengan acara utama yaitu tausiyah oleh pemateri dan sesi refleksi yang bertujuan untuk membantu jama’ah untuk lebih memahami diri sendiri seperti kekurangan dan kelebihan, membantu merilekskan otak dan fikiran serta menenangkan hati juga bisa mengembangkan skill dan memahami kapasitas diri.

Acara selanjutnya yaitu kesan dan pesan setelah melakukan refleksi diri, para jama’ah dengan mengikuti sesi refleksi dengan menikmatinya dan memberikan semangat baru dan memperkuat tujuan hidup seseorang dalam kehidupan, acara terakhir yaitu menyerahkan sertifikat kepada pamateri dan juga tanya jawab serta dan pembagian kalender untuk para jama’ah yang hadir, Masya Allah tidak lupa operasi semut, bersih-bersih oleh semua jama’ah dan panitia.

Pengajian Ummahat “Hypnoparenting” Rumah Tahfidz Al Hilal 4
Dokumentasi pesantrenalhilal.com

Insya Allah, secara rutin dilaksanakan, pengajian dapat menjadikan ummahat semakin berilmu dan berakhlakul karimah.

Masya Allah Tabarakallah, alangkah indahnya suasana di majelis yang Insya Allah di rahmati oleh Allah SWT, para ummahat, Asatidz dan staff pun berkumpul bersama untuk menjalin silaturahmi di Masjid Buana Kassiti.

Tahukah Sahabat Al Hilal mengenai pentingnya bersilaturahmi dan menuntut ilmu? Nabi Muhammad SAW bersabda: “Ketika lewat kalian di taman-taman maka singgah lah. Sahabat bertanya: Wahai Rasulullah, apa taman-taman surga itu? Rasulullah menjawab: taman-taman surga itu adalah majelis-majelis ilmu”. Insya Allah, pengajian ummahat akan sangat bermanfaat.

“semoga dengan adanya acara hypnoparenting hari ini menjadi para ummahat al hilal 4 cirebon dan para perempuan menjadi lebih cerdas dan hebat dalam menata diri dan mampu mendidik keturunnanya dengan baik, semoga acara ini diberkahi allah dan menjadikan para jama’ah yang hadir itu termasuk perkumpulan majlis-majlis orang sholih aamiin yarobbal a’alamin”, ujar Ustazah Dita selaku Pengurus Rumah Tahfidz Al Hilal 4 Cirebon.

Masya Allah tabarakallah, dengan adanya kegiatan Pengajian Ummahat ini, Wali Santri dan ibu-ibu di wilayah Rumah tahfidz Al Hilal 4 Cirebon dapat menimba ilmu agama dengan baik. Dan pastinya, kegiatan ini juga dilakukan pada waktu yang dirasa dapat diluangkan oleh para ibu-ibu di wilayah tersebut.

Pastinya, tidak mengganggu pekerjaan rumah tangga yang wajib para ibu-ibu lakukan sebagai bentuk tanggung jawab mereka di rumah. Dan kegiatan pun dapat dijalankan sesuai dengan yang diinginkan, para ibu-ibu pun mendapatkan manfaat yang luar biasa dari pengajian ummahat tersebut.

YouTube: Pesantren Yatim AlHilal

Penulis: Aisyah

×