Close

Inilah Cara Santri Mencuci Baju

Inilah Cara Santri Mencuci Baju 1

PESANTREN AL HILAL – Mencuci pakaian merupakan rutinitas yang setiap saat dilaksanakan guna menjaga kebersihan. Aktivitas mencuci sesungguhnya sudah ada sejak manusia purba. Sahabat Al Hilal, biasanya para santri ketika mencuci pakaian nya akan mengantri untuk mencuci pakaian kotor mereka dengan berbekal ember dan detergen. Wah bagaimana ya caranya?

Sahabat Al Hilal, biasanya para santri menyiramkan terlebih dahulu baju yang akan dicuci lalu mengucek-nguceknya dibawah siraman air kemudian menjemurnya. Sama seperti kita mencuci baju secara manual ya!

Sebenarnya tidak ada teknik khusus. Tapi sesekali dibanting-banting di atas lantai semen. Ada juga yang menggelar baju atau celananya, lalu disikat. Selesai itu, dibilas di bawah kucuran keran air yang dibuka lebar.

Tetapi apakah baju yang dicuci secara mandiri oleh para santri akan bersih? InsyaAllah mudah-mudahan ya Sahabat Al Hilal!

Sahabat Al Hilal, Selain dapat berdampak positif bagi kesehatan, mencuci baju juga mendapatkan pahala. Hal ini karena kebersihan diatur dalam agama Islam. Diriwayatkan dalam sebuah hadist yang diriwayatkan oleh Tirmidzi, Rasulullah SAW bersabda,

Dari Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam: Sesungguhnya Allah SWT itu suci yang menyukai hal-hal yang suci, Dia Maha Bersih yang menyukai kebersihan, Dia Maha Mulia yang menyukai kemuliaan, Dia Maha Indah yang menyukai keindahan, karena itu bersihkanlah tempat-tempatmu.” (HR. Tirmizi)

Dari hadist tersebut, dapat kita lihat bahwa Allah SWT sangat mencintai kebersihan Itulah sebabnya ada kewajiban untuk membersihkan diri dengan berwudhu sebelum menunaikan ibadah salat.

Bahkan diriwayatkan dalam salah satu hadist, kebersihan yang terjaga hingga hari ini merupakan salah satu car akita sebagai umat muslim dalam menjaga keimanan. Rasulullah SAW bersabda

Bersuci (thaharah) itu setengah daripada iman.” (HR. Ahmad, Muslim, dan Tirmidzi)

Sahabat Al Hilal Jadi, sudah jelas bahwa kebersihan sangat dijunjung tinggi dalam agama Islam. Dengan merawat kebersihan diri serta lingkungan sekitar sehingga aktivitas ibadah pun lebih bernilai. Tak hanya untuk menaati perintah dan dicintai Allah SWT, menjaga kebersihan juga mendatangkan manfaat. Insya’Allah…

Informasi & Call Center

🌐 Website: www.alhilal.or.id

☎ Telpon: 022-2005079

📱 WA: 081 2222 02751

©️ Laz Al Hilal Copyright Picture

Penulis:

author

Nafisah Samratul

Content Writter at Pesantren al-Hilal

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *