Assalamu’alaikum Sahabat Al Hilal! Kembali lagi dengan santri TPA Al Hilal 1 Cililin yang hingga saat ini masih dengan semangat yang tinggi istiqomah melanjutkan perjalanan pendidikan mereka. Kegiatan pembiasaan sebelum belajar kembali dimulai pada Selasa, 3 Oktober 2023. Suasana penuh keceriaan pun terasa begitu kental ketika mereka berkumpul di Masjid Marwah Pesantren Al Hilal 1 Cililin untuk memulai kegiatan belajar mereka.

Hari itu, santri-santri TPA Al Hilal 1 Cililin tiba di masjid dengan semangat yang membara. Mereka disambut oleh para pengajar salah satunya adalah Ustadzah Meila Nurfadilah, yang dengan hangat membimbing mereka dalam memulai pelajarannya.

Inilah Suasana Pembiasaan Sebelum Belajar Santri TPA Al Hilal 1 Cililin
Dokumentasi pesantrenalhilal.com

Sebelum kegiatan belajar dimulai, mereka membiasakan diri untuk istiqomah membacakan nama-nama surat dari Al-Quran. Ini merupakan salah satu langkah awal untuk memperdalam pemahaman mereka terhadap kitab suci yang menjadi pedoman utama dalam hidup mereka.

Selain membacakan nama-nama surat, santri-santri juga melanjutkan latihan murajaah juz 30. Murajaah adalah proses memeriksa dan mengulang hafalan Al-Quran yang sudah mereka pelajari sebelumnya. Hal ini merupakan salah satu upaya untuk mengevaluasi hafalan para santri. Oleh sebab itu, murojaah menjadi bagian penting dari pendidikan mereka, karena hal ini dapat memastikan hafalan mereka tetap kuat dan akurat.

Suasana semakin hikmat ketika Asatidzah membimbing mereka dalam membaca Asmaul Husna, yaitu nama-nama Allah. Pembacaan Asmaul Husna membantu santri-santri dalam mendalami pemahaman mereka tentang sifat-sifat Allah SWT dan meningkatkan keimanan mereka.

Dokumentasi pesantrenalhilal.com

Pembiasaan sebelum belajar ini tidak hanya berfungsi untuk memperdalam pengetahuan keagamaan santri, tetapi juga untuk memupuk nilai-nilai seperti kedisiplinan, kesabaran, dan keikhlasan dalam belajar. Kegiatan ini menciptakan lingkungan yang mendukung perkembangan karakter dan akhlak santri.

Dengan semangat serta dukungan dari Asatidzahnya, In Syaa Allah para santri TPA Al Hilal 1 Cililin siap terus melanjutkan perjalanan pendidikan mereka. Melalui ini, Al Hilal berharap para santri dapat terus meningkatkan pengetahuan dan imannya, serta menjadi generasi yang penuh dengan nilai-nilai kebaikan dan keberkahan. Semoga Allah SWT senantiasa memberkahi upaya mereka dalam mengejar ilmu pengetahuan dunia dan akhirat yang setara. Aamiin Yaa Rabbal’alaamiin…

Dokumentasi :

Dokumentasi pesantrenalhilal.com

Informasi selengkapnya:

✅ Youtube:

✅ Instagram:

✅ Facebook:

Informasi & Call Center

☎ Telpon: 022 2005079

☎ WA: 0812 2220 2751

Penulis: Elis Parwati

×