Assalamu’alaikum Sahabat Al Hilal! Alhamdulillah, hingga saat ini rutinitas santri yatim kelas 10 Pesantren Al Hilal 8 Panyileukan tetap istiqomah dan kembali dilaksanakan! Selasa (03/10/2023) adik-adik kita di Pondok pun kembali melaksanakan berbagai kegiatan di antaranya:

Ekstrakurikuler Hadroh Kembali Dilaksanakan Oleh Santri Yatim Kelas 10 Pesantren Al Hilal 8 Panyileukan
️ Halaqoh subuh,
Ekstrakurikuler Hadroh Kembali Dilaksanakan Oleh Santri Yatim Kelas 10 Pesantren Al Hilal 8 Panyileukan
▶️ Pembagian kosakata bahasa Inggris,
Ekstrakurikuler Hadroh Kembali Dilaksanakan Oleh Santri Yatim Kelas 10 Pesantren Al Hilal 8 Panyileukan
️ Kegiatan belajar di kelas,
️ Mengajar santri non mukim setelah shalat maghrib berjamaah, dan
️ Mahkamah bahasa.

Di hari yang sama, para santri kembali  melaksanakan ekstakurikuler Hadroh. Lantas apa itu hadroh?

Mengutip dari berbagai sumber, salah satunya dari laman wikipedia, hadroh merupakn salah satu jenis seni musik islami yang dimainkan dalam sebuah grup dengan diiringi alat musik tertentu beserta sya’ir shalawatan. Hadroh biasanya dilakukan pada malam hari, setelah shalat malam atau ada juga yang menyelenggarakannya pada hari-hari besar Islam.

Awalnya, hadroh dikonsep dengan seni musik tradisonal, tetapi semakin berkembangnya alat musik pada masa kini, hadroh sudah mulai berkembang dengan alat musik yang sudah lebih modern.

Ekskul Hadroh

Di Pesantren Al Hilal, hadroh sudah sering dilaksanakan sejak beberapa tahun yang lalu. Malah hingga saat ini, hadroh menjadi salah satu kegiatan yang menjadi ekstrakurikuler santri. Hal ini juga dilaksanakan untuk menjaga kelestarian seni musik islami.

Para santri juga kerap tampil mempersembahkan hadroh di berbagai kegiatan seperti pengajian majelis taklim, tabligh akbar, perayaan milad Pesantren, atau kegiatan beserta hari-hari besar lainnya di pondok sebagai acara pembuka. Hingga terakhir kali para santri juga sempat tampil dalam kegiatan Tabligh Akbar Majelis Taklim Al Hilal yang dilaksanakan di Masjid At-Taqwa pada 28 September 2023 lalu.

Para santri Pesantren Al Hilal di cabang lainnya juga sempat mengikuti festival lomba hadroh tingkat umum di Bandung. Hal ini dilakukan untuk menyemangati para santri agar tetap istiqomah mengikuti kegiatan Ekstrakurikuler untuk mengasah kemampuan mereka dalam memainkan berbagai alat musik dalam hadroh.

Informasi selengkapnya:

✅ Youtube:

✅ Instagram:

✅ Facebook:

Informasi & Call Center

☎ Telpon: 022 2005079

☎ WA: 0812 2220 2751

Penulis: Elis Parwati

×