Assalamu’alaikum Sahabat Al Hilal! Alhamdulillah, adik-adik kita di Pondok Pesantren Al Hilal 7 Cipadung Wetan kembali melaksanakan rutinitas belajarnya.

Tepatnya pada hari Selasa, 03 Oktober 2023, adik-adik kita di Pondok pun kembali memulai kegiatannya dengan melaksanakan piket harian, membaca Iqra, hafalan ziyadah, murajaah bersama, hingga ditutup dengan salat Maghrib dan Isya berjamaah.

Santri Pesantren Al Hilal 7 Cipadung Wetan Istiqomah Menutup Kegiatan Belajar dengan Menunaikan Shalat Berjamaah
Dokumentasi pesantrenalhilal.com

Selain dididik untuk membiasakan diri untuk menghafal Al-Quran, menjaga kebersihan dan kenyamanan pondok serta menunaikan ibadah sunnah seperti shaum Senin Kamis dan shaum sunnah lainnya, adik-adik santri pondok Pesantren Al Hilal 7 Cipadung Wetan juga dididik untuk senantiasa menunaikan ibadah wajib. Tak jarang mereka juga diajak untuk menunaikan ibadah salat berjamaah di pondok.

Tahukah Sahabat? Pembiasaan menunaikan ibadah salat secara berjamaah ini ternyata penting diterapkan kepada anak-anak sejak dini, loh! Sebab, pembiasaan ini sangat berpengaruh terhadap akhlak para santri.

Dokumentasi pesantrenalhilal.com

Tak hanya itu saja, salat berjamaah juga dilaksanakan untuk meraih keutamaan yang terkandung di dalamnya. Dimulai dari meningkatkan peluang diterimanya ibadah salat jika dibandingkan dengan salat yang dilakukan secara munfarid. Beberapa keutamaan lainnya yang bisa kita dapatkan dengan menunaikan ibadah salat berjamaah yakni diampuni segala dosanya oleh Allah SWT serta diberikan pahala yang berlipat ganda, orang yang mengerjakan salat secara berjamaah In Syaa Allah akan mendapatkan pahala sebanyak 27 derajat. Seperti sabda Rasulullah SAW dalam sebuah hadis,

“Shalat berjamaah lebih utama 27 derajat dibanding shalat sendirian.” (HR. Bukhari dan Muslim)

“Manusia paling besar pahalanya dalam shalat adalah yang paling jauh perjalannya, lalu yang selanjutnya. Dan seseorang yang menunggu shalat hingga melakukannya bersama imam, lebih besar pahalanya daripada yang melakukannya (sendirian) kemudian tidur.” (HR. Muslim)

“Barangsiapa shalat isya’ secara berjamaah maka seakan-akan dia melakukan shalat separuh malam. Barangsiapa shalat subuh berjamaah maka seakan-akan dia shalat seluruh malam.” (HR. Muslim)

Dokumentasi pesantrenalhilal.com

Masya Allah Tabarakallah, semangat terus ya adik-adik santri. Sahabat, mari doakan semoga adik-adik kita di pondok Pesantren Al Hilal 7 Cipadung Wetan beserta adik-adik santri lainnya tetap semangat dan istiqomah menunaikan ibadahnya. Aamiin Yaa Rabbal’alaamiin

Informasi selengkapnya:

✅ Youtube:

✅ Instagram:

✅ Facebook:

Informasi & Call Center

☎ Telpon: 022 2005079

☎ WA: 0812 2220 2751

Penulis: Elis Parwati

×