Assalamualaikum sahabat Al Hilal, Alhamdulillah wa Syukurillah nih adik-adik Santri TPA Al Hilal 1 Cililin semakin semangat belajar dan mengaji! Seperti yang terlihat pada Selasa (24/01/2023), Masya Allah tabarakallah mulai dari setoran bacaan huruf hijaiyah, halaqoh, sampai Shalat Ashar berjamaah pun dilaksanakan Santri bersama Asatidz di Masjid Marwah Cililin.

Kegiatan belajar Santri pun dilanjutkan dengan kelas mengaji sesuai dengan kelasnya masing-masing. Seluruh kegiatan tersebut senantiasa dilaksanakan oleh para santri dengan penuh semangat.

Intip Kegiatan Santri TPA Al Hilal 1 Cililin di Masjid Marwah
Dokumentasi pesantrenalhilal.com

Mulai dari membaca Al Quran, Menghafal surat-surat serta ayat-ayat Al Quran, hingga belajar halaqah, serta lainnya. Tak lupa, ibadah bersama pun senantiasa dilaksanakan untuk saling mengakrabkan antar santri satu dengan lainnya.

Tahukah Sahabat Al Hilal? Halaqah dalam terminologi Islam mengacu pada pertemuan atau pertemuan keagamaan untuk mempelajari Islam dan Al Quran. Umumnya, ada satu atau lebih pembicara utama yang menyajikan topik halaqah yang ditunjuk sementara yang lain duduk di sekitar mereka dan mendengarkan.

Nah, selain halaqah, para santri TPA Al Hilal 1 Cililin juga melaksanakan kegiatan belajar hijaiyah. Tahukah Sahabat Al Hilal? bahwa Huruf hijaiyah sangat penting dipelajari bagi umat Islam, hal ini karena huruf ini merupakan huruf dasar untuk membaca Al Quran.

Intip Kegiatan Santri TPA Al Hilal 1 Cililin di Masjid Marwah
Dokumentasi pesantrenalhilal.com

Sungguh memalukan ya, Sahabat apabila orang islam tidak bisa membaca Al Quran! Untuk itu, mau tidak mau kita harus belajar huruf hijaiyah ini agar bisa membaca Al Quran, seperti yang telah dilaksanakan oleh para santri TPA Al Hilal 1 Cililin. Setelah semua kegiatan belajar dilaksanakan, para santri pun menutup kegiatan dengan solat berjamaah.

Masya Allah Tabarakallah, Mari kita doakan bersama-sama, semoga para santri TPA Pesantren Al Hilal 1 Cililin lebih bersemangat lagi dalam melaksanakan kegiatan di Pondok. Baik itu kegiatan belajar mengajar, mengaji, mempelajari hijaiyah hingga halaqah.

Insya Allah, dengan adanya kegiatan demi kegiatan tersebut, dapat menjadikan para santri lebih produktif, aktif dan tentunya lebih bermanfaat bagi diri mereka sendiri, keluarga dan masyarakat sekitar. Aamiin Yaa Rabbal Alaamiin.. Semangat terus ya adik-adik!

YouTube: Pesantren Yatim AlHilal

Penulis: Aisyah

×