Alhamdulillah wa Syukurillah nih sahabat Al Hilal, kegiatan belajar adik-adik santri di Pondok Pesantren Al Hilal 7 Cipadung Wetan kembali dilaksanakan. Bersama Asatidznya, mulai dari membaca Iqra, menulis materi makhorijul huruf (da-za), murajaah Al Quran, hafalan ziyadah, hingga sholat Maghrib dan Isya pun telah dilaksanakan mereka pada Selasa (20/06/2023).

Istiqomah Menunaikan Sholat Maghrib dan Isya Berjamaah
Dokumentasi pesantrenalhilal.com

Kegiatan pun diawali dengan membaca iqra, para santri Pesantren Al Hilal 7 Cipadung Wetan pun amat hebat dalam melantunkan bacaan iqra nya loh, Sahabat! Meskipun kegiatan padat, para santri Pesantren Al Hilal 7 Cipadung Wetan tak kenal lelah untuk melaksanakan berbagai kegiatan positifnya di pondok.

Dilanjutkan dengan menulis materi makhorijul huruf (da-za), Singkatnya, makhorijul huruf adalah tempat-tempat keluarnya huruf hijaiyyah. Makhorijul huruf bisa dilakukan dengan dua cara. Cara makhorijul huruf pertama adalah mensukunkan kemudian memasukkan huruf yang berharakat sebelumnya.

Dokumentasi pesantrenalhilal.com

Cara kedua mentasydidkan huruf kemudian memasukkan huruf yang berharakat sebelumnya. para santri juga sungguh cepat dalam memahami materi yang disampaikan oleh asadiznya di pondok!

Tak hanya itu, para santri juga melaksanakan hafalan ziyadah di pondok. Ziyadah merupakan kegiatan khusus untuk menambah ayat Al Quran. Ziyadah ini biasanya disesuaikan dengan target hafalan masing-masing santri.

Tanpa kenal lelah dan pantang menyerah, para santri menambah hafalannya masing-masing dan kemudian disetorkan kepada asatidznya. Masya Allah Tabarakallah, sungguh luar biasa para santri Pesantren Al Hilal 7 Cipadung Wetan ini. kesungguhan untuk menjadi seorang penghafal Al Quran kian terpancar dari raut wajah mereka saat menghafal Al Quran.

Dokumentasi pesantrenalhilal.com

Ditutup dengan solat maghrib dan isya berjamaah, para santri pun pulang ke rumah masing-masing dengan hati yang riang gembira! Tahukah Sahabat? Bahwa Di dalam Hadis Riwayat Bukhari disebutkan, “sholat berjamaah melampaui sholat sendirian dengan mendapatkan 27 derajat pahala,”.

Jadi, perbandingan pahala sholat berjamaah dan sendirian cukup jauh, karena sholat sendirian, Anda hanya akan dapat pahala 1 derajat, sedang berjamaah Sahabat akan mendapatkan pahala 27 derajat!

Youtube: Laziswaf Al Hilal & Pesantren Yatim Alhilal

Penulis: Aisyah

×