Alhamdulillah wa Syukurillah, giat belajar santri Rumah Tahfidz Al Hilal 4 Cirebon kembali dilaksanakan di Pondok. Mengawali kegiatannya dengan giat kebersihan bersama Asatidz Rumah Tahfidz Al Hilal 4 Cirebon, pada Selasa (20/06/2023) adik-adik santri kita kembali melaksanakan tahsin dan tahfidz yang ditutup dengan doa penutup majelis bersama-sama.

Sahabat Al Hilal masih ingat kan arti tahsin? Kata tahsin sendiri diambil dari kata dalam bahasa Arab حسَّن – يحسِّن – تحسيناً yang mengandung arti memperbaiki, menghiasi, membaguskan, memperindah, atau membuat lebih baik dari semula. Sebagaimana diketahui, bahwa Al Quran tersusun dari huruf-huruf hijaiyah yang memiliki aturan dalam tiap pembacaannya.

Giat Kebersihan Kembali Mengawali Kegiatan Santri Al Hilal 4
Dokumentasi pesantrenalhilal.com

Sebab itulah diperlukan ilmu tajwid dan tahsin untuk menyempurnakan bacaan Al Quran sebagaimana yang disinggung dalam hadis sebelumnya. Jadi, tahsin adalah salah satu cara mencapai kesempurnaan pahala membaca Al Quran. sedangkan Tahfidz berasal dari bahasa arab dengan akar kata ha fa zha حفظ yang mempunyai arti menghafal, menjaga, memelihara. Tahfizhul Quran memiiki makna proses penghafaan al quran. Dan orang yang menghafal al quran disebut dengan hafidz.

Selain membaca dan menghafal Al Quran, ada juga santri kelas iqra yang tak kalah semangat dalam melantunkan bacaannya loh, Sahabat! Masya Allah Tabarakallah, para santri sangat bersemangat dalam melaksanakan kegiatan demi kegiatan di Rumah Tahfidz Al Hilal 4 Cirebon.

Ditutup dengan doa penutup majelis bersama-sama, para santri menyerukan doa tersebut dengan penuh semangat! Tahukah Sahabat? Rutin membaca doa kafaratul majelis setiap usai acara akan menjadikan kita sebagai manusia yang senantiasa bersyukur. Menjadi manusia yang senantiasa mengagungkan kekasih Allah SWT. Mengingatkan kaum Muslim kepada keluarga dan para sahabat Nabi Muhammad SAW.

Dokumentasi pesantrenalhilal.com

Insya Allah kegiatan yang senantiasa dilaksanakan ini akan mendatangkan pahala untuk para santri serta asatidz di pondok. Semoga para santri yang mengikuti kegiatan ini dapat mengaplikasikan materi yang telah diterima dengan baik dan benar.

Tentunya, ilmu yang mereka dapatkan pun dapat diamalkan dengan baik oleh para santri kepada masyarakat sekitar dan keluarga tercinta. Aamiin ya rabbal ‘alaamiin.

Youtube: Laziswaf Al Hilal & Pesantren Yatim Alhilal

Penulis: Aisyah

×