Close

Jambore Ramadhan Anak Yatim Pesantren Al-Hilal Desa Rancapanggung Kecamatan Cililin

Yipiiii …. Jambore Anak Yatim kembali hadir. Berlokasi di daerah Cililin, tepatnya  di Desa Rancapanggung Kecamatan Cililin. Jambore Anak Yatim al-Hilal ini penyelenggaraan ketiga kalinya setelah sukses di tahun 2014 dan 2015. Spesial untuk tahun ini, penyelenggaraan kali ini diadakan di pertengahan bulan Ramadhan.

Hari yang menyenangkan di tanggal 18 dan 19 Juni untuk semua adik-adik Yatim yang hadir saat itu. Tempat pelaksanaan Jamborenya di Asrama Anak Yatim Al-Hilal Cililin. Tempatnya lumayan besar, area nya luas, berlantai dua dan pemandangan sekitar yang sangat indah dikelilingi danau yang sangat elok. Ratusan relawan Al-Hilal bertugas dan siap membantu pelaksanaan Jambore Anak Yatim di tahun ini.

Jambore Ramadhan Anak Yatim Pesantren Al-Hilal Desa Rancapanggung Kecamatan Cililin 1

Sekitar 200an adik-adik Yatim dari semua pondok Yatim Al-Hilal berkumpul dan hadir di acara Jambore Ramadhan Anak Yatim tahun ini. Ada adik-adik yang datang dari Pondok Yatim Al-Hilal Gegerkalong, Cililin, Cibiru, Banjaran, Ciheulang, Dago dan Cimahi.

Adik-adik Yatim berdatangan secara rombongan pondoknya masing-masing sekitar jam 8 pagi di hari Sabtu tanggal 18 Juni 2016. Setelah semua adik-adik Yatim dikondisikan oleh kawan-kawan relawan Al-Hilal.

Acara rangkaian pembukaan yang terdiri dari sambutan dari Ketua Pelaksana kang Fahmi Akbar dan Pembina Yayasan Al-Hilal pak H. Nandang. Dan di acara pembukaan yang sangat spesial, ada penampilan tim perkusi dari beberapa relawan Al-Hilal.

Kemudian rangkaian acara berikutnya perkenalan teman-teman panitia dan relawan Al-Hilal disambung dengan pembagian kelompok dan membuat yel-yel kelompok.

Jambore Ramadhan Anak Yatim Pesantren Al-Hilal Desa Rancapanggung Kecamatan Cililin 2

Setelah shalat dhuhur berjamaah, adik-adik Yatim disuguhkan aktivitas yang sangat menyenangkan yaitu Fun Science. Adapun kegiatan Fun Science diantaranya ada membuat roket air per kelompok. Kegiatan ini berakhir sampai menjelang shalat Ashar. Sesudah shalat Ashar, sesi Fun Science dilanjutkan lagi dengan peluncuran roket air masing-masing kelompok. Adik-adik Yatim dibawa ke lapangan di seberang bangunan Asrama Anak Yatim Al-Hilal. Dengan dibimbing oleh kakak-kakak fasilitator, mereka mencoba roket air buatan kelompok masing-masing untuk diluncurkan.

Jambore Ramadhan Anak Yatim Pesantren Al-Hilal Desa Rancapanggung Kecamatan Cililin 3

Tak terasa, hari menjelang sore. Adzan maghrib pun berkumandang. Waktunya buka puasa. Adik-adik Yatim beserta kakak-kakak fasilitator menunaikan shalat maghrib berjamaah kemudian dilanjutkan dengan buka puasa bersama. Terlihat dari raut wajah mereka memancarkan kebahagiaan yang tak terkira. Setelah shalat isya berjamaah, adik-adik Yatim menampilkan Yel-Yel kelompoknya dan pembagian doorprize. Dipandu oleh MC Kocak dan menghibur kang Fahmi Akbar selama acara berlangsung. Adik-adik terhibur dan mereka kelihatannya bahagia dan sumringah. Tak terasa malam makin larut, jam 9 malam adik-adik Yatim beristirahat untuk persiapan Qiyamullail.

Jam menunjukkan jam setengah tiga pagi, adik-adik Yatim dibangunkan oleh kakak-kakak fasilitator untuk segera melakukan persiapan shalat Qiyamullail. Setelah shalat Qiyamullail, adik-adik bersiap untuk makan sahur bersama kemudian dilanjutkan dengan shalat shubuh berjamaah.

Minggu pagi, adik-adik Yatim diajak untuk berolahraga atau senam ringan di area luar Asrama atau Pondok Yatim Cililin kemudian sampai juga acara atau kegiatan yang seru nih. Adik-adik Yatim bermain games ringan atau outing. Perkelompok mereka bergantian bermain games dan outing di 10 pos. Mengasyikkan dan seru. Tak terasa waktu sudah menunjukkan jam 10 pagi. Setelah adik-adik Yatim bersih-bersih dan bersiap-siap memasuki sesi terakhir rangkaian Jambore Ramadhan Anak Yatim. Di sesi terakhir ini ada sesi Sulap dari kak Adi, pembagian door prize dan pembagian santunan juga bingkisan kepada semua adik-adik Yatim yang hadir selama dua hari pelaksanaan Jambore Ramadhan Anak Yatim.

Jambore Ramadhan Anak Yatim Pesantren Al-Hilal Desa Rancapanggung Kecamatan Cililin 4

Adik-adik anak Yatim pulang ke pondok atau rumah masing-masing dengan membawa sejuta kebahagiaan dan setumpuk keceriaan. Bagi kami sebagai pengurus Yayasan Al-Hilal, para panitia Jambore Ramadhan Anak Yatim, kakak-kakak fasilitator dan semua relawan Al-Hilal, adik-adik Yatim merupakan inspirasi dan kita menjadi lebih banyak bersyukur dan lebih menyayangi anak-anak Yatim.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *