Seperti biasa, di Pondok Pesantren Al Hilal 1 hingga 7 senantiasa diselenggarakan berbagai macam kegiatan positif demi produktivitas para santri itu sendiri.

Didampingi oleh asatidz pondok, Alhamdulillah wa Syukurillah, pada Rabu (20/07/2022) seluruh Santri Yatim Pesantren Al Hilal 1 Cililin kembali mengikuti Kajian Kitab di Masjid Marwah. Tahukah Sahabat Al Hilal? Kajian Kitab merupakan kegiatan yang senantiasa rutin dilaksanakan oleh para santri di Pondok Pesantren Al Hilal 1 Cililin.

Kajian Kitab Kembali Efektif di Pesantren Al Hilal 1 Cililin
Kajian Kitab Kembali Efektif di Pesantren Al Hilal 1 Cililin

Demi menambah ilmu agama, para santri tentunya sangat bersemangat dalam melaksanakan kegiatan tersebut.

Telah kembali dilaksanakan secara efektif, Para santri melaksanakan Kegiatan Kajian Kitab setelah mengikuti kegiatan di Sekolah pada pukul 13.30 WIB hingga menjelang Ashar. Dalam kajian yang telah dilaksanakan, Kitab Akhlaqul Banin pun disampaikan kepada Santri Yatim Pesantren Al Hilal 1 Cililin.

Kitab Akhlaqul Banin dirasa penting untuk dipelajari para santri, karena kitab tersebut membahas mengenai akhlak yang harus dilakukan dan juga dihindari di dalam kehidupan ini.

Inti dari diadakannya kegiatan pembelajaran Kajian kitab Akhlaqul Banin ini yaitu memiliki tujuan agar para santri dapat mengetahui bagaimana menjadi pribadi yang berakhlakul karimah serta menjauhi segala macam perbuatan yang dilarang oleh Allah SWT.

Kajian Kitab Kembali Efektif di Pesantren Al Hilal 1 Cililin
Kajian Kitab Kembali Efektif di Pesantren Al Hilal 1 Cililin

“Kitab Akhlaqul Banin ini sangat penting untuk seluruh Santri. Karena kitab ini membahas tentang akhlak yang harus dihindari maupun akhlak yang harus dilakukan. Yang paling dalam kajian kitab ini, Santri mengetahui bagaimana akhlak yang baik dan akhlak yang buruk.”, ujar Ustazah Sherlyana, selaku salah satu Pengurus Pesantren Al Hilal 1 Cililin.

Masya Allah tabarakallah, para santri sangat antusias dalam melaksanakan kegiatan tersebut. Tak hanya belajar mengajar seperti yang dilaksanakan oleh anak-anak seusia mereka pada umumnya, para santri juga melaksanakan kegiatan keagamaan yang dapat menjadi bekal bagi mereka kelak.

Insya Allah, dengan adanya berbagai macam kegiatan kepesantrenan di pondok, para santri dapat senantiasa menjadi pribadi yang berilmu serta berakhlakul karimah.

Youtube: Pesantren Yatim Alhilal

Penulis: Aisyah

×