Giat belajar santri Rumah Tahfidz Al Hilal 5 Pasirbiru kembali dilaksanakan adik-adik kita di Pondok sementara! Bersama Ustazah Nisa, Ustazah Hilwa dan Ustaz Hanapi, pada Selasa (13/06/2023) adik-adik santri Rumah Tahfidz Al Hilal 5 Pasirbiru kembali melaksanakan murojaah Al Quran, menambah hafalan baru, belajar doa sehari-hari, hingga setoran hafalan sebelumnya di kelasnya masing-masing. Masya Allah, Alhamdulillah…

Kegiatan Santri Rumah Tahfidz Al Hilal 5 Pasirbiru di Pondok
Dokumentasi pesantrenalhilal.com

Tahukah Sahabat Al Hilal? karena Pondok Rumah Tahfidz Al Hilal 5 Pasirbiru sedang melakukan pembangunan masjid, kini para santri pun melaksanakan kegiatan belajar mengajar dan mengajinya di pondok sementara yang berlokasi tak jauh dari pondok, yaitu di Villa Balong.

Jangan khawatir, tempatnya sangat nyaman kok! Dan seperti yang Sahabat Al Hilal ketahui, bahwa berbagai kegiatan senantiasa dilaksanakan oleh para santri Pesantren dan Rumah Tahfidz Al Hilal 1 hingga 8.

Untuk menambah variasi serta semangat para santri, Rumah Tahfidz Al Hilal 5 Pasirbiru pun memulai kegiatan belajar mengajar dan mengajinya dengan menggambar hewan dan tumbuhan! Hal tersebut dapat memberikan dampak positif serta meningkatnya kreativitas para santri, Masya Allah!

Diawali dengan kegiatan murojaah, para santri pun amat bersemangat dalam melaksanakan kegiatan tersebut. Murojaah adalah menjaga hafalan Al Quran dengan terus-menerus mengulangnya guna meraih mutqin (kuat) dalam bacaan, hafalan, pemahaman, dan pengamalan yang menjadi impian seluruh para hafizh Quran.

Dokumentasi pesantrenalhilal.com

Tak hanya para santri Rumah Tahfidz dan Pondok Pesantren Al Hilal 1 hingga 8 saja yang melaksanakan kegiatan murojaah. Tak ingin kalah berlomba-lomba mencari pahala, para santri Rumah Tahfidz Al Hilal 5 Pasirbiru pun melaksanakan kegiatan tersebut.

Setiap orang yang menghafal Al Quran, tahu betul jika tidak melakukan murojaah secara terus menerus hafalannya akan hilang karena sifat lupa yang dimiliki manusia. Metode murojaah juga dianjurkan oleh Rasulullah dalam sebuah hadis.

Dikutip dari buku Cara Mudah Menjadi Seorang Hafidz oleh Anggita Zahra Afrianto, diriwayatkan oleh Umar ra berkata, Rasulullah SAW bersabda:

“Jika seorang penghafal Alquran sholat lalu ia membacanya pada malam dan siang hari, niscaya ia akan senantiasa mengingatnya. Namun, jika ia tidak melakukan hal itu, niscaya ia akan melupakannya.” (HR. Muslim).

Dokumentasi pesantrenalhilal.com

Kegiatan pun dilanjutkan dengan menambah hafalan baru, Masya Allah Tabarakallah para santri pun amat hebat dalam melantunkan hafalan baru mereka.

Diakhiri dengan belajar doa sehari-hari, hingga setoran hafalan sebelumnya di kelasnya masing-masing, para santri tetap bersemangat hingga petang tiba dan pulang ke rumah masing-masing dengan hati yang ceria.

Youtube: Laziswaf Al Hilal & Pesantren Yatim Alhilal

Penulis: Aisyah

×