Seperti yang telah Sahabat Al Hilal ketahui bahwa Tasmi Quran merupakan salah satu kegiatan ujian yang dilaksanakan oleh para santri tahfidz dengan melantunkan hafalan bacaan Al Quran tanpa ada kesalahan sedikit pun di hadapan para penguji. Kegiatan ini biasanya diikuti oleh para santri yang turut melaksanakan ujian.

Di Pondok Pesantren Al Hilal, kegiatan Tasmi Quran senantiasa dilaksanakan minimal sebanyak 1 bulan sekali. Para peserta yang lulus dan boleh mengikuti Tasmi ini merupakan mereka yang telah menghafal Al Quran minimal 1 Juz, dimulai dari juz 30. Dan Alhamdulillah, para santri Pesantren dan Rumah Tahfidz Al Hilal diberi kemudahan dan kelancaran dalam pelaksanaannya.

Kompilasi Halaqah Tasmi'ul Bulanan Santri Pesantren Al Hilal 2 & 7
Dokumentasi pesantrenalhilal.com

Seperti yang dilaksanakan oleh para santri Pesantren Al Hilal 2 Cipadung dan Pesantren Al Hilal 7 Cipadung Wetan yang telah melaksanakan Tasmi Al Quran pada Jum’at (25/11/2022) lalu. Para santri terlihat bersemangat mengikuti dan medengarkan Tasmi Quran ini.

Kegiatan rutin bulanan Tasmi Al Quran ini dilaksanakan pada sore hingga malam. Alhamdulillah, di Pesantren Al Hilal 2 Cipadung diikuti oleh santri dimulai dari kelas 1 Al Quran hingga kelas Takhosus Al Quran. Kurang lebih sekitar 26 santri yang mentasmikan hafalannya dalam kegiatan ini.

Kompilasi Halaqah Tasmi'ul Bulanan Santri Pesantren Al Hilal 2 & 7
Dokumentasi pesantrenalhilal.com

Melalui kegiatan ini, diharapkan mampu mendongkrak kemampuan dan semangat para santri Pesantren Al Hilal untuk tetap menjaga dan terus menambah jumlah hafalannya. Semoga dengan ini para santri yang telah mendapatkan hafalan di atas 1 juz, mereka tidak hanya menghafalkan isi Al Qurannya saja.

Akan tetapi, juga dapat mengamalkan dan menerapkannya dalam kehidupannya sehari-hari serta menjadikan Al Quran sebagai pedoman hidup manusia sebagaimana mestinya yang telah mereka pelajari.

Yuk, doakan terus agar para santri Pesantren dan Rumah Tahfidz Al Hilal tetap semangat dan beristiqomah dalam menempuh perjalanan panjangnya untuk menjadi seorang penghafal Al Quran.

Youtube: Pesantren Yatim Alhilal

Penulis: Elis Parwati

×