Sahabat Al Hilal, bagaimana akhir pekan ini? Waktu luangnya diisi dengan kegiatan apa? Jangan sampai waktu luang di akhir pekan ini tidak produktif dan terbuang sia-sia ya, Sahabat!

Tetaplah semangat melanjutkan aktivitasnya meskipun ini akhir pekan, ya!

Berbicara tentang akhir pekan, jadi penasaran akhir pekan ini para santri Pesantren dan Rumah Tahfidz Al Hilal pada ngapain, ya?

Kompilasi Kesibukan Santri Al Hilal di Akhir Pekan
Dokumentasi pesantrenalhilal.com

Pertama-tama, kita intip aktivitas para santri di Pesantren Al Hilal 1 Cililin, yuk! Yang pada hari Jum’at (13/01/23) lalu, para santri masih disibukkan dengan aktivitas belajar dan mengaji seperti biasanya. Namun, kali ini para santri tak hanya mengerjakan itu saja, loh! Pada kesempatan kali ini kita diberi peluang untuk mengintip para santri mukim Pesantren Al Hilal 1 Cililin yang tengah mengikuti kegiatan “Ekstrakurikuler Kaligrafi”.

Wah, coba kita lihat bagaimana hasil karya para santri Pesantren Al Hilal 1 Cililin kali ini sepertinya sudah cukup mahir dalam bidang seni. Masya Allah. Para santri terlihat begitu fokus mengerjakan kaligrafi ikut mencontoh lafadz yang telah digambarkan oleh Asatidz Pesantren Al Hilal 1 Cililin di papan tulis.

Kemudian selanjutnya yang kedua ada para santri Rumah Tahfidz Al Hilal 6 Cisaranten yang juga tak kalah sibuk dan serunya dalam kegiatan Ekstrakurikuler seperti para santri mukim Pesantren Al Hilal 1 Cililin.

Kompilasi Kesibukan Santri Al Hilal di Akhir Pekan
Dokumentasi pesantrenalhilal.com

Namun bedanya, para santri Rumah Tahfidz Al Hilal 6 Cisaranten ini ada juga yang tengah disibukkan dengan kegiatan “Ekstrakurikuler Bahasa Inggris”, kemudian masih ada lagi yang juga disibukkan dengan “Ekstrekurikuler Mewarnai” serta kegiatan belajar lainnya dan mengaji.

Seperti yang telah Sahabat Al Hilal ketahui bahwa para santri Pesantren dan Rumah Tahfidz Al Hilal, selain dibina dan dididik untuk menjadi seorang penghafal Al Quran para santri juga dididik untuk mengikuti berbagai aktivitas positif di bidang lainnya seperti bidang kesenian seperti kaligrafi yang diikuti oleh para santri Pesantren Al Hilal 1 Cililin tadi, kemudian di bidang bahasa meliputi bahasa Inggris.

Masih ada lagi bidang lainnya yang juga kerap diikuti oleh para santri di masing-masing pondok.

Tujuan diadakannya kegiatan ini adalah untuk mengembangkan lifeskill santri atau mengembangkan kreativitas para santri di bidang khusus lainnya di luar hafalan Al Quran.

Dan yang terakhir ada para santri Pesantren Al Hilal 7 Cipadung Wetan pada hari yang sama dengan kegiatan di pondok Pesantren dan Rumah Tahfidz Al Hilal lainnya, para santri masih setia melaksanakan kegiatan Tren Clean.

Kompilasi Kesibukan Santri Al Hilal di Akhir Pekan
Dokumentasi pesantrenalhilal.com

Seperti yang telah disampaikan di pekan-pekan sebelumnya, bahwa para santri Pesantren dan Rumah Tahfidz Al Hilal juga diajarkan untuk membiasakan diri menjaga kebersihan lingkungannya sejak dini.

Dimulai dari menyapu, mengepel lantai, membereskan karpet dan peralatan belajar lainnya, membersihkan kamar mandi serta jendela, tak lupa juga merapikan sandal milik para santri. Para santri pun melaksanakan hal tersebut bersama-sama.

Alhamdulillah, setelah selesai melaksanakan Tren Clean yakni giat bersih ala santri Pesantren Al Hilal 7 Cipadung Wetan, para santri pun melanjutkan kegiatannya dengan murojaah, shalat maghrib berjamaah serta dzikir dan doa bersama. Masya Allah Tabarakallah.

Youtube: Pesantren Yatim Alhilal

Penulis: Elis Parwati

×