Assalamualaikum sahabat Al Hilal! Kegiatan belajar dan mengaji adik-adik TPA Al Hilal 1 Cililin kembali dilaksanakan. Pada Selasa (06/06/2023), Alhamdulillah wa Syukurillah mulai dari membaca Iqra, membaca Al Quran, setoran hafalan, hingga menggambar huruf hijaiyah untuk melatih motorik santri TPA Al Hilal 1 Cililin pun telah dilakukan adik-adik kita bersama Asatidz di Pondok dan Masjid Marwah. Masya Allah tabarakallah.

Mengawali pekan dengan berbagai kegiatan positif, para santri TPA Al Hilal 1 Cililin pun amat bersemangat untuk melaksanakan berbagai kegiatannya di pondok. Mulai dari belajar mengajar seperti biasa hingga hafalan. Sebelum melaksanakan kegiatan belajar mengajar dan mengaji, para santri memulai harinya dengan membaca dan menghafal Al Quran.

Melatih Gerak Motorik Santri TPA Al Hilal 1 Cililin
Dokumentasi pesantrenalhilal.com

Untuk meningkatkan kualitas hafalan, para santri TPA Al Hilal 1 Cililin pun melaksanakan kegiatan murojaah. Murojaah adalah menjaga hafalan Al Quran dengan terus-menerus mengulangnya guna meraih mutqin (kuat) dalam bacaan, hafalan, pemahaman, dan pengamalan yang menjadi impian seluruh para hafizh Quran. selain itu, para santri juga menggambar huruf hijaiyah loh, Sahabat!

Motorik halus merujuk pada perkembangan gerakan otot-otot kecil pada tangannya untuk saling berkoordinasi guna memungkinkan terjadinya fungsi-fungsi seperti memegang benda-benda kecil, menulis, atau memegang sendok untuk makan. Kemampuan ini sangat dibutuhkan dalam aktivitas mereka di sekolah nanti, dan dalam life skills secara umum.

Dokumentasi pesantrenalhilal.com

Jika motorik halusnya lemah, seorang anak akan kesulitan makan sendiri, atau memakai pakaian sendiri. Agar saraf motorik halus anak berkembang dengan baik, kita dapat melatihnya melalui kegiatan dan rangsangan yang kontinu secara rutin sedari dini. Tubagus Amin Fa, psikolog dari Aminfainstitute, menyarankan untuk melatih motorik halus anak dengan menggambar.

Dokumentasi pesantrenalhilal.com

Tak lupa, tak hanya Al Quran, ada juga santri kelas iqra yang ikut menghiasi hari yang cerah tersebut. Para santri pun membaca Iqra untuk memperlancar bacaan harian mereka.

Masya Allah Tabarakallah, para santri pun sungguh luar biasa dalam membaca bacaan iqra hariannya! Bagaimana dengan Sahabat Al Hilal? sudahkah membaca Iqra dan Al Quran sesuai dengan bacaan harian Sahabat?

Youtube: Laziswaf Al Hilal & Pesantren Yatim Alhilal

Penulis: Aisyah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×