Close

Menghadapi Ujian Dengan Lancar, Santri Pesantren Al Hilal Melaksanakan Dzikir Sebelum Melaksanakan Ujian

Menghadapi Ujian Dengan Lancar, Santri Pesantren Al Hilal Melaksanakan Dzikir Sebelum Melaksanakan Ujian 1

PESANTREN AL HILAL – Bagi para pelajar yang akan melaksanakan Ujian Akhir Semester (UAS) yang rutin dilaksanakan setiap semeesternya, tentu berbagai persiapan untuk menghadapi UAS telah dilaksanakan oleh para santri seperti belajar dengan lebih giat serta menjaga kesehatan agar santri siap menghadapi ujian. Namun, usaha yang tak kalah penting itu adalah doa bukan? Seperti yang dilaksanakan pada Kamis (18/03/2021), para santri melaksanakan doa dan dzikir Bersama di Masjid Marwah, Pesantren Al Hilal 1 Cililin.

Kegiatan tersebut dilaksanakan karena keyakinan kepada Allah SWT. Mengapa demikian? Karena, InsyaAllah dengan berdoa dan berdzikir sebelum menghadapi ujian maka para santri akan merasa tenang, karena semua sudah diserahkan kepada Allah SWT.

Dzikir dan doa yang dilaksanakan oleh seluruh santri pun bertujuan agar jiwa para santri terasa tenang serta ujian yang sedang dihadapi terasa ringan. Sahabat Al Hilal, para santri membaca doa dan dzikir yang diajarkan oleh Rasulullah SAW.

Dari Anas bin Malik, beliau berkata bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

اللَّهُمَّ لاَ سَهْلَ إِلاَّ مَا جَعَلْتَهُ سَهْلاً وَأَنْتَ تَجْعَلُ الحَزْنَ إِذَا شِئْتَ سَهْلاً

“Allah, tidak ada kemudahan kecuali yang Engkau buat mudah. Dan engkau menjadikan kesedihan (kesulitan), jika Engkau kehendaki pasti akan menjadi mudah.”

Hingga hari ini, para santri telah melaksanakan berbagai ujian lisan seperti pelajaran bahasa Arab, Mahfudzot, Hadits, Al Quran, Tajwid, Fiqih, Siroh, Bahasa Inggris, Imla, dan Tahfidz. Para santri yang melaksanakan ujian lisan pun melaksanakan ujiannya di outdoor atau di luar ruangan. Seperti yang kita ketahui, semula para santri belajar di luar kelas ketika menerima berbagai materi tertentu saja, tetapi ketika agar pelaksanaan ujian lisan para santri mendapatkan situasi yang baru maka untuk pelaksanaan ujian lisan para santri melaksanakan ujian lisan tersebut di luar ruangan.

Sahabat Al Hilal, mari kita doakan agar seluruh santri di Pesantren Al Hilal 1 Cililin dapat melaksanakan kegiatan Ujian Alhir Semester ini dengan lancar dan sukses tanpa danya halangan dan apapun. Semoga ilmu yang telah diserap oleh para santri dapat menghasilkan hasil terbaik. Adapun ujian tulis yang akan dilaksanakan oleh para santri di Pesantren Al Hilal 1 Cililin InsyaAllah akan mulai dilaksanakan pada tanggal 22 Maret hingga 26 Maret 2021.

Informasi & Call Center

🌐 Website: www.alhilal.or.id

☎ Telpon: 022-2005079

📱 WA: 081 2222 02751

©️ Laz Al Hilal Copyright Picture

Penulis:

author

Nafisah Samratul

Content Writter at Pesantren al-Hilal

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *