Close

Khataman Quran 30 Juz Di Tengah Pelaksanaan Ujian Akhir Semester

Khataman Quran 30 Juz Di Tengah Pelaksanaan Ujian Akhir Semester 1

PESANTREN AL HILAL – Alhamdulillah para santri, pengajar, serta pengurus di Pesantren AL Hilal 1 Cililin telah melaksanakan kegiatan khataman Quran 30 Juz, pada Kamis (18/03/2021). Bertempat di Masjid Marwah, seluruh peserta yang hadir untuk melaksanakan khataman Quran 30 juz, membacakan ayat suci Al Quran dengan teramat khusyu, melantunkan ayat suci Al Quran dengan merdu yang membuat hati tentram dan damai. MasyaAllah…

Tujuan para santri melasanakan khataman di saat mereka melaksanakan Ujian Akhir Semester (UAS) yaitu agar para santri mengisi waktu yang sebelumnya digunakan untuk Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) di isi dengan kegiatan khataman Quran. Seperti yang yang dikemukakan oleh salah satu pengurus di Pesantren Al Hilal 1 Cililin, Sherlyana Eka Putri.

“Kebetulan kan ya sekarang anak anak lagi ujian. Jadi KBM nya itu libur diganti nya sama khataman Qur’an buat mengisi waktu kosong jam KBM,” Ujar Sherly

Sahabat Al Hilal, pada kegiatan khataman Quran yang dilaksanakan hari ini, para santri membacakan satu juz setiap orangnya. Sehingga khataman Quran 30 juz ini dilaksanakan oleh 30 santri.

Khataman Quran 30 Juz Di Tengah Pelaksanaan Ujian Akhir Semester 2

Membaca kitab suci Al Quran telah menjadi bagian dan kebiasaan tradisi umat Islam dan tentunya membaca Al Quran telah menjadi bagian terpenting yang selalu dilaksanakan di Seluruh Pesantren Al Hilal. Dan Alhadulillah, tepat di hari Senin, para santri serta pengajar Pesantren Al Hilal 1 Cililin telah mengkatamkan Al Quran secara serentak.

Sahabat Al Hilal, melaksanakan khataman Quran itu memiliki keutamaannya tersendiri. Tentu, keutamaan yang telah dijanjikan oleh Allah SWT adalah pahala yang dilipatgandakan sepuluh kali lipat bagi orang-orang yang membaca Al Quran. Hal tersebut pun sudah sangat jelas disebutkan di dalam Al Quran dan diriwayatkan dalam hadist Rasulullah SAW.

Dari Abdullah bin Masud RA berkata: “Rasulullah SAW bersabda, barangsiapa membaca satu huruf dari Alquran maka baginya satu kebaikan, dan atu kebaikan itu dilipatkgandakan sepuluh, saya (Rasulullah) tidak berkata aliflammim itu satu huruf, namun alif itu satu huruf, lam satu huruf, dan mim satu huruf.” (HR. At-Tirmidzi)

Melaksanakan khataman Quran secara Bersama-sama dapat menjadi syiar Islam dan InsyaAllah dapat memberikan ruh semangat ketika membaca dan mentadaburi Al Quran tetapi, perlu kita ingat, melaksanakan khataman Al Quran secara Bersama-sama pun hendaknya dilaksanakan dengan baik, sesuai dengan bacaan dan tajwid yang benar, agar makna dalam kandungan Al Quran tidak berubah sedikit pun. Karena, InsyaAllah melaksanakan khataman Quran yang telah dilaksanakan di Masjid Marwah, Pesantren Al Hilal 1 Cililin tidak hanya sekedar membaca, tetapi mencari keridhoan dari sang Pencipta, Allah SWT.

Informasi & Call Center

🌐 Website: www.pesantrenalhilal.com

☎ Telpon: 022-2005079

📱 WA: 081 2222 02751

©️ Pesantren Al Hilal Copyright Picture

Penulis:

author

Nafisah Samratul

Content Writter at Pesantren al-Hilal

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *