Close

Menjaga Setoran Quran Ala Santri

Menjaga Setoran Quran Ala Santri 1

PESANTREN AL HILAL – Alhamdulillah, setiap harinya para santri selalu menjaga agar hafalan Quran yangtelah mereka hafalkan tidak hilang dan tidak menguap begiu saja. Sahabat Al Hilal, para santri di seluruh Pesantren Al Hilal selalu sentiasa untuk belajar dan menyetorkan hafalannya kepada para pengajar. Hal tersebut pun dilakukan dalam upaya agar para santri senantiasa untuk menjaga hafalan Quran.

Dalam hadist riwayat Bukhari, rasulullah SAW bersabda

Sebaik-baik kalian adalah yang belajar Alquran dan mengajarkannya.

Salah satu hal yang dilaksanakan dalam menjaga hafalannya, para santri di seluruh pesantren Al Hilal pun melaksanakan berbagai uapaya mejaga hafalannya dengan melaksanakaan beberapa aktivitas. Diantaranya yaitu

  1. Murojaah

Kunci agar hafalan kita tetap nempel adalah dengan membuat jadwal muroja’ah. Salah satu metode yang bisa dilakukan adalah “Fami Bisyauqi”. Metode ini merupakan metode yang memungkinkan kita mengkhatamkan Quran dalam waktu seminggu.

  • Menyetorkan Hafalan Kepada Pengajar

Kegiatan yang dilakukan oleh para santri ini dilaksanakan setelah solat Ashar, saat ini kegiatan Mengaji Bersama dan setoran hafalan Quran yang dilaksanakan di seluruh Pesantren Al Hilal.

Sahabat Al Hilal kegitan rutinitas ini pun selalu mengadakan sesi tanya jawab setelah kegitan mengaji ini selesai, sehingga tidak hanya terfokus untuk mengaji saja, tetapi dapat mengetahui bagaimana kemampuan atau keinginan setiap individu para santri Al Hilal.

Menjaga Setoran Quran Ala Santri 2

Perintah membaca Al Quran merupakan perintah yang langsung datang dari Allah SWT. Sungguh Allah SWT tidak semata-mata memberikan perintah tersebut tetapi bukankah manusia sudah diberikan pengetahuan dan wawasan yang luas karena memebaca? Serta mengantarkan manusia kepada derajat yang paling sempurna? Maka dari itu, sebgaimana firman Allah SWT dalam QS. Al Baqarah ayat 121 yang artinya

Orang-orang yang telah Kami berikan Al Kitab kepadanya, mereka membacanya dengan bacaan yang sebenarnya, mereka itu beriman kepadanya. Dan barang siapa yang ingkar kepadanya, maka mereka itulah orang-orang yang rugi” (Q.S Al- Baqarah: 121)

Karena sungguh, selain membaca, menghafal Quran pun memiliki peran yang penting dalam menjamin kemurnian dan kesucian Al Quran. Menghafal Quran merupakan hal yang sangat penting untuk dilaksanakan sejak usia dini. Menghadal Quran merupakan sebuah usaha yang paling efektif untuk menjaga kemurnian dari Al Quran itu sendiri. Karena dengan menghafal berarti kita telah meletakkan serta mengagungkan isi dan makna ayat suci Al Quran di dalam hati kita. Wallahu’alam bishawab.

Informasi & Call Center

🌐 Website: www.alhilal.or.id

☎ Telpon: 022-2005079

📱 WA: 081 2222 02751

©️ Laz Al Hilal Copyright Picture

Penulis:

author

Nafisah Samratul

Content Writter at Pesantren al-Hilal

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *