Close

Pancarkan Senyum Untuk Mereka

Pancarkan Senyum Untuk Mereka 1

PESANTREN AL HILAL – “Tersenyumlah dan tunjukkan pada dunia bahwa Anda sudah lebih kuat hari ini dan lebih kuat lagi dari hari kemarin.” -Mario Teguh-

Ketika tersenyum maka kita tak akan sekedar merasa bahagia, akan tetapi kita membawa sebuah sinar cahaya ke dalam kehidupan orang lain. Salah satu hal yang membuat kita bahagia tatkala kita melihat pancaran senyum bahagia yang ada pada wajah anak-anak yatim dan kaum dhuafa bukan?

Bila engkau ingin agar hati menjadi lembut dan damai dan Anda mencapai keinginanmu, sayangilah anak yatim, usaplah kepalanya, dan berilah dia makanan seperti yang engkau makan. Bila itu engkau lakukan, hatimu akan tenang serta lembut dan keinginanmu akan tercapai.” (HR Thabrani).

Sahabat Al Hilal, berbuat baik terhadap anak yatim/piatu bukanlah sekadar turut membantu menyelesaikan lapar dan dahaga sosialnya. Tetapi, di sisi lain perbuatan itu merasuk ke dalam batin, menenteramkan hati, dan mendamaikan perasaan orang yang memberi perhatian kepada mereka. Berbagai ayat Alquran dan hadis Nabi banyak membicarakan betapa mulianya kedudukan anak yatim/piatu di mata Allah SWT.

Bahkan Allah SWT pun melarang kita sebagai hamba-Nya untuk melakukan kekerasan kepada anak yatim/piatu. Allah berfirman dalam QS. Ad-Dhuha ayat 9 yang artinya:

‘‘Adapun terhadap anak yatim maka janganlah kamu berlaku sewenang-wenang.”

Sungguh ketika kita menenangkan hati dan perasaan anak yatim, maka InsyaAllah ia pun akan memperoleh balasan seperti itu pula, yakni ketenangan batin. Sahabat Al Hilal, Rasulullah SAW terkenal dengan kelemahlembutannya yang demikian tinggi terhadap anak yatim.

Diriwayatkan dalam sebuah hadis bahwa pada suatu hari raya Idul Fitri, Rasulullah SAW melihat seorang anak yatim, lalu beliau mengelus dan merangkulnya, berbuat baik padanya, membawa anak itu ke rumah beliau, lalu berkata kepada anak yatim itu:

Wahai anak, maukah engkau bila aku menjadi ayahmu dan Aisyah menjadi ibumu?

Sahabat Al Hilal, sungguh anak yatim adalah sumber ketenangan batin, mendekati dan berbuat baik kepadanya akan menenangkan kalbu. InsyaAllah

Informasi & Call Center

🌐 Website: www.alhilal.or.id

☎ Telpon: 022-2005079

📱 WA: 081 2222 02751

©️ Laz Al Hilal Copyright Picture

Penulis:

author

Nafisah Samratul

Content Writter at Pesantren al-Hilal

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *