Menunaikan ibadah haji dan umroh merupakan mimpi setiap muslim di seluruh dunia, tak terkecuali Ummahat Pesantren Al Hilal 3 Gegerkalong.

Kendati menunaikan ibadah ke tanah suci hanya diwajibkan bagi yang mampu saja, tapi tidak sedikit dari umat dengan kondisi ekonomi yang terbilang pas-pasan, tetap berusaha menyisihkan sedikit pendapatannya agar bisa “Menjemput Impian ke Baitullah”.

Selain tercantum dalam rukun islam yang ke 5, Rasulullah SAW juga pernah bersabda terkait dengan temoat-tempat yang memang layak didatangi oleh seorang muslim. Beliau mengatakan, “Janganlah kamu bersikeras untuk berkunjung, kecuali pada tiga tempat, Masjid al-Haram, masjidku ini (Masjid Nabawi), serta Masjid al-Aqsa.” (HR Bukhari dari Abu Hurairah).

Pengajian Ummahat Al Hilal 3 Menjemput Impian ke Baitullah
Dokumentasi pesantrenalhilal.com

Namun, apa yang bisa kita lakukan ketika kita tak memiliki dana yang cukup untuk melakukan ibadah haji atau umroh ke Baitullah? Ada baiknya kita menuntut ilmunya terlebih dahulu. Entah itu dengan mempelajari tentang ibadah haji dan umroh melalui internet atau mencari tahu kepada sanak saudara, kerabat, rekan atau tetangga yang berpengalaman dalam bidang tersebut.

Tapi, rasanya tak cukup bila hanya ihtiar dengan menggunakan dua hal itu saja, sembari menunggu tabungan ibadah haji dan umroh mencukupi, ada baikya kita juga mengikuti Majelis Taklim yang membahas topik seputar perjalanan ke Baitullah.

Seperti yang dilakukan oleh Ummahat Pesantran Al Hilal 3 Gegerkalong pada Sabtu (04/02/2023). Sedikit berbeda dari biasanya yang rutin mempelajari tahsin dan Kitab Fadhilah Amal bersama Asatidz Asatidzah Pesantren Al Hilal 3 Gegerkalong, pada pekan ini Ummahat Pesantren Al Hilal 3 Gegerkalong berkesempatan bertemu dan berbincang-bincang langsung dengan Bpk. H. Ustadz Arif Rahman Hakim yang dimana beliau juga merupakan Pimpinan Pondok Pesantren Al Hilal 1 Cililin.

Pengajian Ummahat Al Hilal 3 Menjemput Impian ke Baitullah
Dokumentasi pesantrenalhilal.com

Ditemani juga dengan Bpk. H. Handriana selaku Direktur Aqiqah Al Hilal, berbincang-bincang dan menyimak tausiyah seputar tema yang bertajuk “Menjemput Impian ke Baitullah”.

Pada kesempatan kali ini, berbagai hal seputar ibadah haji dan umroh dibahas di sini. Ummahat Pesantren Al Hilal 3 Gegerkalong pun tampak begitu antusias selama kegiatan berlangsung.

Alhamdulillah kegiatan yang dimulai pukul 08.00 WIB hingga pukul 10.00 WIB dan berlokasi di:

📍 Pondok Pesantren Al Hilal 3 Gegerkalong, Jalan Sarikaso No.12, Sarijadi, Kecamatan Sukasari, Kota Bandung, Jawa Barat 40152

Kegiatan juga diikuti oleh 45 Ummahat Pesantren Al Hilal 3 Gegerkalong yang terdiri dari wali santri dan masyarakat umum yang rutin mengikuti Kajian Tahsin Intensif tiap pekannya.

Youtube: Pesantren Yatim Al Hilal

Penulis: Elis Parwati

×