Siapa yang kangen Santri Pesantren Al Hilal 8 Panyileukan? Alhamdulillah wa Syukurillah nih sahabat Al Hilal, selain belajar huruf hijaiyah dan hafalan surat-surat pendek, salah satu kegiatan yang dilaksanakan Asatidz untuk Santri Pesantren Al Hilal 8 Panyileukan yaitu menyampaikan motivasi kepada calon penjaga Quran kembali dilaksanakan di Pondok pada Rabu (11/01/2023).

Sebelum melaksanakan kegiatan motivasi, seperti biasa para santri pun melaksanakan kegiatan belajar mengajar di pondok. Memberikan motivasi kepada para santri dirasa amat penting oleh asatidz di Pesantren Al Hilal 8 Panyileukan. Dengan memberikan motivasi positif, diharapkan agar para santri dapat senantiasa mengamalkan serta mengaplikasikan motivasi tersebut, dan bukan hanya sekedar mendengarkan saja.

Motivasi Asatidz untuk Calon Penjaga Quran Pesantren Al Hilal 8
Dokumentasi pesantrenalhilal.com

Insya Allah, motivasi yang telah diberikan dapat bermanfaat bagi para santri. Apalagi, motivasi kali ini mengenai pentingnya menjadi seorang muslim yang senantiasa menghafal Al Quran dan mengamalkan kandungan Al Quran serta memperbaiki bacaannya.

Tahukah Sahabat Al Hilal? Bahwa Surga merupakan balasan yang diberikan Allah SWT kepada  hamba-Nya yang senantiasa beriman dan bertakwa. Dan membaca serta menghafal Al Quran merupakan salah satu bentuk ketakwaan kita terhadap Allah SWT. Menurut sejumlah riwayat, surga mempunyai beberapa tingkatan.

إِنَّ أَهْلَ الْجَنَّةِ يَتَرَاءَوْنَ أَهْلَ الْغُرَفِ مِنْ فَوْقِهِمْ ، كَمَا يَتَرَاءَوْنَ الْكَوْكَبَ الدُّرِّيَّ الْغَابِرَ فِي الْأُفُقِ مِنْ الْمَشْرِقِ أَوْ الْمَغْرِبِ ؛ لِتَفَاضُلِ مَا بَيْنَهُمْ
“Sesungguhnya penduduk surga saling melihat kepada penghuni di atasnya. Seperti mereka saling melihat bintang bersinar di ufuk dari timur atau barat. Karena perbedaan derajat mereka…”

Motivasi Asatidz untuk Calon Penjaga Quran Pesantren Al Hilal 8
Dokumentasi pesantrenalhilal.com

 

Dan tingkatan-tingkatan surga itu juga akan diberikan kepada mereka  yang menghafalkan Al Quran, lho Sahabat! Rasulullah SAW bersabda:

يُقَالُ لِصَاحِبِ الْقُرْآنِ : اقْرَأْ وَارْتَقِ وَرَتِّلْ ، كَمَا كُنْتَ تُرَتِّلُ فِي الدُّنْيَا ، فَإِنَّ مَنْزِلَكَ عِنْدَ آخِرِ آيَةٍ تَقْرَؤُهَا.
“Dikatakan kepada penghafal Alquran: “Bacalah, naiklah dan baca secara tartil. Seperti engkau membaca tartil di dunia. Karena kedudukanmu berada di akhir ayat yang engkau baca.” (HR Abu Dawud dan Tirmidzi dari Amr bin Ash).

Masya Allah Tabarakallah, yuk kita bersama-sama menuju Surga Allah SWT dengan sedikit demi sedikit menghafal Al Quran serta memperbaiki bacaannya. Sahabat Al Hilal, sudahkah menghafal dan membaca Al Quran hari ini?

Youtube: Pesantren Yatim Alhilal

Penulis: Aisyah

×