Close

Murojaah Surat Abasa

Pesantren Al Hilal – Alhamdulillah, para santri TPA Al Hilal Cililin telah melaksanakan kegiatan rutinnya yaitu murojah berbagai surat yang ada dalam surat Juz ke-30.

Dalam murojah hafalan surat yang dilaksanakan oleh para santri TPA Al Hilal Cililin bersama para pengajar, para santri membacakan Surat Abasa sebagai bagian dalam kegiatan murojah.

Murojaah Surat Abasa 1

Surat Abasa merupakan surat makiyah, yang turun di Mekkah. Dalam surat yang diturunkan sebanyak 42 ayat ini pun sebagai bentuk teguran dari Allah SWT atas sikap Rasulullah terhadap salah satu umat yang keadaannya tidak bisa melihat.

Kala itu, Nabi Muhammad sedang berdiskusi dengan pembesar Quraisy, di antara mereka ada Abu Jahl, ‘Utbah bin Rabi’ah, ‘Abas bin Abd al-Muthollib, dan Walid bin Murighah. Diskusi tersebut dilakukan dengan harapan kaum quraisy bisa tercerahkan dan masuk Islam.  

Diriwayatkan oleh Ibnu Abbas, Tahabari mengatakan bahwa ketika itu Ibnu Ummi Matkum nama asli Abdullah sebenarnya hendak membacakan ayat Al-Quran di hadapan Nabi. Sikap tidak acuh Rasullah terhadap Abdullah pun mendapatkan teguran dari Allah SWT.

Situasi ini mengajarkan kita akan pentingnya mendahulukan orang yang benar-benar membutuhkan. Dalam hal ini adalah membantu seorang muslim untuk lebih memahami agamanya dan bisa meningkatkan keimanannya.

Dalam kegiatan murojaah surat Abasa pun para santri tetap mematuhi protokol kesehatan yang sudah di tentukan. Sebelum memasuki area Masjid Marwah dan berkumpul bersama, para santri diwajibkan terlebih dahulu untuk mencuci tangan dan memakai masker walaupun saat melaksanakan kegiatannya para santri tetap membuka maskernya, tetapi para santri TPA Al Hilal Cililin tetap menjaga jarak.

Sahabat Al Hilal, Membaca Al Quran menjadi sebuah ibadah yang akan mendatangkan pahala dan juga keberkahan.

Al Qur’an merupakan petunjuk dan pedoman bagi umat muslim guna mencapai kebahagiaan hidup di dunia dan akhirat.

Tiada kepalsuan dalam Al Quran, yang adalah kalam (perkataan) Allah SWT yang diwahyukan kepada Rasulullah SAW.

Sebagaimana firman Allah SWT dalam QS. Al Hijr: 9 yang berbunyi, “Sesungguhnya Kamilah yang menurunkan Alquran dan sesungguhnya Kami pula yang memiliharanya.” (QS. Al-Hijr :9).

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *