Close

Berdoa Bersama dan Pengajian Malam Jumat

Pesantren Al-Hilal Cibiru Melaksanakan Berdoa Bersama dan Pengajian Malam Jumat
Do’a dan Pengajian Bersama Santri Al-Hilal Cibiru
Pesantren Al-Hilal Gegerkalong Melaksanakan Berdoa Bersama dan Pengajian Malam Jumat
Do’a dan Pengajian Bersama Santri Al-Hilal Gegerkalong

PESANTREN AL HILAL – Apa kabar Sahabat Al Hilal? Alhamdulillah Pesantren Al Hilal selalu melaksanakan kegiatan yang bermanfaat, dan berlangsung secara berkala. Seperti, kegiatan para santri yang ada di Pesantren Al Hilal, baik Pesantren Al Hilal 1 Cililin, Pesantren Al Hilal 2 Cibiru, Pesantren Al Hilal 3 Sarikaso, dan Pesantren Al Hilal 4 Cirebon selalu melaksankan kegiatan mengaji surat Yasin dan berdoa Bersama dengan para pengurus dan pengajar disana setiap Malam Jumat. Seperti hal nya saat kemarin, Kamis (04/02/2021) para santri pun melaksankan kegiatan doa Bersama dan membaca surat Yasin setelah berbuka puasa sunnah dan sholat Isya.

Sahabat Al Hilal, membaca surat Yasin selain membaca surat Al Kahfi pada malam Jumat memiliki keutamaan dan manfaat untuk setiap pembacanya. Membaca Surat Yasin pada malam Jumat pun dilakukan oleh sebagian besar masyarakat dan menjadi tradisi tersendiri bagi para Muslim di Indonesia. Tentunya hal ini dilakukan dengan berharap mendapat ampunan dan pahala dari Allah SWT.

Rasulullah SAW bersabda

وروي عنه رضي الله عنه قال قال رسول الله صلى الله عليه و سلم من قرأ سورة يس في ليلة الجمعة غفر له  رواه الأصبهاني

“Barangsiapa membaca Yaasiin di hari dan malam Jumat dengan mengharap ridha Allah, diampuni dosanya” (HR Asbahaani).

Adapun beberapa manfaat jika kita membaca surat Yasin Pada malam Jumat, sebagaimana diriwayatkan dari beberapa hadist Rasulullah SAW diantaranya yaitu:

  1. Diampuni Dosa
  2. Dikabulkan Hajat
  3. Mendapatkan Pahala 10 kali membaca Al Quran
  4. Mendatangkan Rahmat
  5. Dimudahkan Urusan

Sahabat Al Hilal, bukankah Sudah menjadi suatu keharusan bagi seorang muslim untuk mengimani kitab suci Alquran? Tidak hanya meyakini keasliannya, setiap muslim hendaknya juga mengetahui apa saja kandungan dan manfaat apabila membaca ayat-ayat ilahi tersebut. Dalam kegiatan yang dilaksankan rutin setiap minggunya, diharapkan para santri yatim dan penghafal Al Quran Pesantren Al Hilal dapat lebih saling mengenal satu sama lainnya, walaupun sebenarnya para santri sudah saling mengenal, tetapi dengan diadakannya kegiatan rutin ini para santri akan terbiasa dengan mengamalkan hal-hal sunnah yang membawa mereka menuju kebaikan di alam akhirat yang kekal nanti. Aamiin Ya Rabbal Alamin.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *