Sahabat Al Hilal, kajian parenting kini menjadi momentum sekaligus ajang yang baik untuk orangtua dalam mendidik anaknya. Tak hanya penting bagi orangtua, seorang anak pun turut serta dalam kegiatan tersebut guna menambah pengetahuan dan pemahaman dalam dunia pendidikan.

Manfaat dari kegiatan parenting ini yaitu dapat menciptakan serta menjalin komunikasi yang baik antara pondok pesantren dengan orang tua. Sehingga dalam proses mendidik santri yang dijalankan oleh pondok pesantren pun dapat seimbang dengan di rumah yang dilakukan oleh orang tua itu sendiri.

Seperti yang terlihat pada Ahad (25/12/2022), di Pondok Pesantren Al Hilal 3 Gegerkalong yang telah melaksanakan kegiatan Kajian Parenting. Acara dimulai pukul 08.30 WIB pagi, dibuka dengan sambutan dari MC, yaitu Ananda Winny Abela Sanny dan Nakeisha Dwi Alayna.

Kajian Parenting Islami dan Apresiasi Santri Tahfidz
Dokumentasi pesantrenalhilal.com

Dilanjut dengan penampilan hadroh dari para santri Pondok Pesantren Al Hilal 3 Gegerkalong. dilanjutkan dengan pembacaan tilawah dan sari tilawah oleh Ananda Hendra Ridhosalam serta penampilan santri, yaitu menyanyikan lagu Ibu dari hadad alwi. Setelah acara hiburan, kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari Ustaz Muhtadi, selaku Pengurus Pondok Pesantren Al Hilal 3 Gegerkalong.

Sebelum memasuki acara inti, Apresiasi pun diberikan dalam bentuk penyerahan sertifikat kepada para santri yang telah melaksanakan wisuda tahfidz minggu kemarin, dan para santri tersebut yaitu sebagai berikut:

Dan yang mengikuti kegiatan apresiasi santri tahfidz program hafalan pilihan pesantren al hilal 3 gegerkalong, yaitu sebagai berikut:

Kajian Parenting Islami dan Apresiasi Santri Tahfidz
Dokumentasi pesantrenalhilal.com

“Diantara para santri tersebut juga ada santri yang tak hanya menghafal surat-surat pilihan tetapi juga sudah tembus ke Juz 30 dan telah menghafal setengah juz 30 yaitu ananda Muhammad Fais Islam”, ujar Ustaz Muhtadi selaku Pengurus Pondok Pesantren Al Hilal 3 Gegerkalong. “Dalam kesibukkan mereka untuk menghafal Al Quran, Masya Allah kelima santri ini dan santri yang lain menunjukkan semangatnya untuk menghafal Al Quran juga menjaga hafalannya. Karena ujian itu tidak hanya ketika menghafal Al Quran, tetapi juga ketika mereka telah menghafal apakah hafalan tersebut dijaga atau tidak. Dijaga atau tidak dijaga hafalannya tandanya adalah ketika hafalan itu diujikan, makan akan terlihat lancar atau tidaknya bacaan hafalan santri. Dan alhamdulillah, kelima santri ini In Syaa Allah dijaga hafalannya”, lanjut Ustaz Muhtadi.

Memasuki acara inti, kajian parenting pun disampaikan oleh Ibu Impin Nurul Asih V, S.Pd (Umi Ina), selaku Ketua Ummahat Al Hilal 3 Gegerkalong. Para Wali Santri dan Ummahat Pesantren Al Hilal 3 Gegerkalong sangat antusias dalam mendengarkan serta menyimak kajian tersebut. Hingga pukul 11.30 WIB, acara pun ditutup dengan pembacaan doa bersama-sama.

Youtube: Pesantren Yatim Alhilal

Penulis: Aisyah

×