Pelaksanaan Shalat Gerhana Pesantren al Hilal 1 Cililin
Dokumentasi Kegiatan pesantrenalhilal.com

Gerhana Bulan terpanjang Abad ini telah telah terjadi pada Jumat (19/11/2021), salah satu Sunnah yang dianjurkan untuk dilaksanakan oleh Umat Muslim ketika datangnya Gerhana Bulan maupun Gerhana Matahari adalah dengan melaksanakan Shalat Gerhana. Seperti yang telah dilaksanakan oleh Santri Penghafal Quran Pesantren al Hilal 1 Cililin, Alhamdulillah pada (19/11/2021) seluruh Santri Yatim Penghafal Quran Pesantren al Hilal 1 Cililin mengadakan pelaksanaan Shalat Gerhana.

Berlokasi di Masjid Marwah, Pesantren al Hilal 1 Cililin, Alhamdulillah seluruh Santri telah melaksanakan Ibadah Shalat Gerhana. Dalam pelaksanaannya KH. Arif Rahman Hakim menjadi Pemimpin Shalat Gerhana, dan pemimpin Santri dalam mengumandangkan Takbir sebelum pelaksanaan Shalat Gerhana dilaksanakan.

Dalam pelaksanaan Shalat Gerhana, KH. Arif Rahman Hakim menyebutkan bahwa Rangkaian Acara yang dimulai pada Pukul 16.30 WIB tersebut dibuka dengan kumandang Takbir oleh para Santri Yatim Penghafal Quran Pesantren al Hilal 1 Cililin dan ditutup dengan Khutbah pada pukul 17.30 WIB.

“Rangkaian acara dimulai dari jam 16.30 dengan mengumandangkan Takbir, lanjut Shalat pukul 17.00 WIB, dilanjutkan dengan Khutbah yang berakhir pukul 17.30 WIB,” ungkap KH. Arif Rahman Hakim mengenai pelaksanaan Shalat Gerhana yang dilaksnakan oleh para Penghafal Quran Pesantren al Hilal 1 Cililin pada (19/11/2021) melalui WhatsApp.

Shalat Gerhana memang bukan hal yang wajib untuk dikerjakan oleh Umat Muslim, tetapi Shalat Gerhana adalah salah satu Sunnah Muakkad yang sangat dianjurkan untuk dilaksanakan ketika Fenomena Alam tersebut hadir.

Pelaksanaan Shalat Gerhana Pesantren al Hilal 1 Cililin
Dokumentasi Kegiatan pesantrenalhilal.com

Lantas, apa keutamaan yang akan diterima oleh Umat Muslim ketika melaksanakan Shalat Gerhana? Dilansir dari laman umma.id inilah keutamaan melakakukan Shalat Gerhana:

1. Membuat seorang Hamba mengingat kekuasaan Allah SWT
2. Membuat soerang Hamba lebih takut kepada Allah SWT
3. Salah satu kesempatan yang baik untuk melaksanakan Amal Shaleh
4. Mendatangkan Ridha Allah SWT dan Ampunan Dari-Nya.

“Dan dari sebagian tanda-tanda-Nya adalah adanya malam dan siang serta adanya matahari dan bulan. Janganla kamu sujud kepada matahari atau bulan tetapi sujudlah kepada Allah Yang Menciptakan keduanya.” (QS. Fushshilat: 37)

Itulah sekilas informasi mengenai keutamaan melakukan shalat gerhana. Semoga bermanfaat.