Alhamdulillah wa Syukurillah nih sahabat Al Hilal, pelatihan tahsin ke-2 santri Pesantren Al Hilal 8 Panyileukan telah dilaksanakan pada Sabtu (14/01/2023). Berlokasi di,

📍 Jalan Raya Panyileukan Bumi Panyileukan Blok G No. 9, RT 04/RW 06, Kota Bandung.

Kegiatan “Pelatihan Tahsin Santri Pesantren Al Hilal 8 Panyileukan” pun dipimpin langsung oleh Ustaz Muhammad Fazlur. Semoga kegiatan ini dapat terus dilaksanakan agar santri dapat terus mencintai Al Quran ya sahabat Al Hilal!

Pelatihan Tahsin Santri Pesantren Al Hilal 8 Panyileukan
Dokumentasi pesantrenalhilal.com

Tahukah Sahabat Al Hilal mengenai arti Tahsin? Kata tahsin sendiri diambil dari kata dalam bahasa Arab حسَّن – يحسِّن – تحسيناً yang mengandung arti memperbaiki, menghiasi, membaguskan, memperindah, atau membuat lebih baik dari semula.

Satu riwayat dari sabda Rasulullah SAW menjelaskan, orang yang mahir atau menguasai bacaan Al Quran dengan baik akan dibersamai oleh malaikat saat mereka membaca Al Quran. Dari Aisyah RA berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda yang artinya:

“Orang yang mahir membaca (dan menghafal) Al Quran, (dia berada) bersama para malaikat yang mulia lagi taat. Orang yang membaca Al Quran dengan terbata-bata lagi sulit (dalam membacanya mendapatkan dua pahalanya,” (HR Muslim).

Sebagaimana diketahui, bahwa Al Quran tersusun dari huruf-huruf hijaiyah yang memiliki aturan dalam tiap pembacaannya. Sebab itulah diperlukan ilmu tajwid dan tahsin untuk menyempurnakan bacaan Al Quran sebagaimana yang disinggung dalam hadis sebelumnya. Jadi, tahsin adalah salah satu cara mencapai kesempurnaan pahala membaca Al Quran.

Pelatihan Tahsin Santri Pesantren Al Hilal 8 Panyileukan
Dokumentasi pesantrenalhilal.com

Pelatihan Tahsin ini dirasa amat penting dilaksanakan oleh para santri, sebab untuk membaca al Quran sesungguhnya diperlukan teknik dan cara yang tepat. Demi mengejar pahala serta rahmat-Nya, para santri Pondok Pesantren Al Hilal 8 Panyileukan pun terlihat khusyu dalam melaksanakan kegiatan Pelatihan Tahsin tersebut.

Waah, sungguh menyenangkan sekaligus bermanfaat ya kegiatan di Pondok Pesantren Al Hilal 8 Panyileukan! Meskipun dilaksanakan di akhir pekan, para santri tetap bersemangat melaksanakan kegiatan tersebut, selain belajar mereka juga bisa bermain dan bersua dengan kawan-kawan santri lainnya.

“Alhamdulillah pelatihan tahsin ke-2 santri Al hilal 8 Panyileukan telah lancar dilaksanakan dengan adanya acara pelatihan ini diharapkan santri dapat lebih antusias belajar Al Qur’an dan dapat memperbagus bacaan mereka, dan semoga acara ini terus continue di adakan supaya santri terus belajar mencintai Al Quran”, ujar Ustaz Imam selaku pengurus Pondok Pesantren Al Hilal 8 Panyileukan.

Nah, bagaimana dengan Sahabat Al Hilal di rumah? Sudahkah Sahabat mempelajari tahsin untuk memperlancar dan meraih kesempurnaan pahala membaca Al Quran?

YouTube: Pesantren Yatim Alhilal

Penulis: Aisyah

×