Berbagai Materi dalam Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) Santri Pesantren Al Hilal 1 Cililin tentunya senantiasa diikuti dengan baik dan semangat oleh seluruh santri.

Tak terkecuali Pembelajar Kitab Kuning yang hingga saat ini masih senantiasa dilaksanakan oleh Seluruh Santri Pesantren Al Hilal 1 Cililin. Baik Santri yang masih duduk di kelas 7, 8, maupun kelas 9.

Seperti yang terlihat pada Rabu (28/07/2021) Santri melaksanakan Kegiatan Pembelajaran Kitab Kuning pada pukul 13.00 WIB hingga 15.00 WIB.

Dalam pembelajaran tersebut, kelas pembelajaran dibagi menjadi 2 Kelas, yaitu Khusus untuk Santri Baru yang duduk di Kelas 7, dan Santri lama yang telah duduk di bangku Kelas 8 dan 9.

Tahukah sahabat Al Hilal, salah satu Pembelaharan yang paling penting di Pesantren adalah mempelajari Kitab Kuning?

Kitab Kuning ini menjadi bagian pelajaran yang terpenting di Pesantren, termasuk di Pesantren Al Hilal 1 Cililin. Dalam materi yang berada di Kitab Kuning pun para santri diberikan beberapa pemahaman dari Kitab-Kitab yang ada di Kitab Kuning, seperti Kitab Ta’lim, Mutaa’lim, Kitab Jurumiyah, Kitab Kailani, Kitab Fathul Qorib, dan kitab-kitab yang lainnya.

Sherlyana Eka Putri, sebagai salah satu pengurus Santri di Pesantren Al Hilal 1 Cililin menyebutkan bahwa dengan diberikannya berbagai Materi yang ada pada Kitab Kuning, para Santri akan dapat mengetahui dan memahami apa saja yang tersirat dan tersurat dalam kitab tersebut, serta mengetahui berbagai hukum Islam secara lebih mendalam.

“Dengan mempelajari Kitab Kuning para santri dapat mengetahui dan memahami apa yang tersirat dan tersurat dalam kitab tersebut, serta mengetahui hukum hukum Islam secara mendalam”

Sherlyana Eka Putri

Adapun kegiatan Pembelajaran Kitab Kuning yang setiap hari rutin dilaksanakan di Masjid Marwah oleh Santri Pesantren Al Hilal 1 Cililin, dan dibimbing langsung Ustadz Husni sebagai Astidz di Pesantren Al Hilal 1 Cililin.