Empat pengurus Pesantren Al Hilal, yakni Ustaz Salman, Ustaz Fazlur, Ustaz Yedi, dan Ustaz Imam, turut serta dalam seminar bertajuk “Membangun Manajemen Pengasuhan Asrama yang Ramah Anak.” Seminar ini berlangsung pada hari Jumat, 5 Juli 2024, mulai pukul 08.00 hingga 11.00 WIB di Hotel Shakti Bandung, yang berlokasi di Jalan Soekarno Hatta No.735, Cimenerang Gedebage, Bandung.

Acara ini diikuti oleh sejumlah pimpinan dan pengurus yayasan pondok pesantren, boarding school, mudir, wakil mudir, koordinator asrama, serta pengurus dan pengasuh panti asuhan berbasis asrama dari berbagai lembaga islami.

Pengurus Pesantren Al Hilal Ikuti Seminar “Manajemen Pengasuhan Asrama yang Ramah Anak” di Bandung
Dokumentasi pesantrenalhilal.com

Ustaz Fazlur menyampaikan betapa pentingnya seminar ini bagi mereka yang notabene nya adalah sebagai pengasuh santri yatim dan penghafal Al-Quran di Pondok Pesantren Al Hilal. “Alhamdulillah, kita dapat mengikuti acara hari ini. Kegiatan ini sangat penting karena setiap pembinaan musyrif itu berbeda, dalam kegiatan ini yang dibimbing oleh Ustaz Jinan, mungkin memberikan suatu persepsi yang sama dan kesamaan dalam membina para santri. Sehingga, dalam pembinaan itu santri dapat tertata kelola dengan baik dan jadi satu persepsi yang membuat suatu nilai yang baik untuk pengelolaan kepesantrenan,” ujarnya.

“Tujuan kita mengikuti acara seminar ini yaitu kita berusaha untuk memahami materi ini bagaimana penerapan pengasuhan yang ramah di kepesantrenan. Sehingga, saat pembinaan dan pendampingan santri kita dapat memberikan suatu nilai yang baik, sehingga dalam proses pendidikan santri di pesantren dapat menjadi suatu tujuan dari tercapainya nilai akhlak, moral, etika dan adab yang baik yang dibimbing oleh musyrif yang sudah diberikan suatu persepsi, prosedural yang tersusun dengan sistematis,” Ustaz Fazlur melanjutkan.

Seminar ini bertujuan untuk memberikan wawasan mendalam tentang manajemen pengasuhan yang ramah anak. Beberapa manfaat utama dari seminar ini adalah pembentukan karakter musyrif atau pengasuh santri yang ramah anak, pembangunan manajemen pengasuhan santri yang efektif berikut sistem kontrolnya, serta penguatan sinergi antara pesantren dan walisantri dalam mengasuh santri.

Dokumentasi pesantrenalhilal.com

Drs. Miftahul Jinan, M.Pd.I LCPC, yang menjabat sebagai direktur Griya Parenting Indonesia, Trainer Nasional Diklat Musyrif Pondok Pesantren dan Islamic Boarding School, serta Konsultan Pendidikan Sekolah dan Pesantren, menjadi pembicara utama dalam seminar ini. Beliau memberikan pengetahuan dan strategi praktis dalam membangun lingkungan pengasuhan yang ramah anak di pesantren.

Seminar ini diharapkan dapat memperkuat kompetensi para pengurus Pesantren Al Hilal dalam mengelola pengasuhan santri dengan pendekatan yang lebih humanis dan inklusif. Dengan adanya kegiatan ini, Pesantren Al Hilal berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas pengasuhan santri, menciptakan lingkungan yang kondusif bagi perkembangan anak-anak didiknya, serta membangun hubungan yang harmonis antara pesantren dan orang tua santri.

“Mudah-mudahan materi hari ini, dapat kita terapkan khususnya di Pesantren-pesantren Al Hilal agar Al Hilal bisa menjadi lebih baik lagi,” ujar Ustaz Salman.

Informasi selengkapnya:

✅ Youtube:

✅ Instagram:

✅ Facebook:

Informasi & Call Center

☎ Telpon: 022 2005079

☎ WA: 0812 2220 2751

Penulis: Elis Parwati

×