Assalamualaikum sahabat Al Hilal! Alhamdulillah, pada hari Kamis (4/7), Pengurus Pesantren Al Hilal telah melaksanakan studi banding serta silaturrahim ke Pondok Modern Darussalam Gontor. Tim berangkat Bada Isya dari Bandung menuju Pondok Modern Darussalam Gontor yang berlokasi di Desa Gontor, Kecamatan Mlarak, Kabupaten Ponorogo, Provinsi Jawa Timur.

Silaturahmi dan Studi Banding ke Pondok Modern Darussalam Gontor
Dokumentasi pesantrenalhilal.com

Setelah menempuh perjalanan sekital 500 Kilometer, selama hampir 7 jam, mereka pun tiba di gontor di pagi hari. Di sana, pengurus bertemu dengan pengurus di beberapa divisi, di antaranya divisi kurikulum, divisi keamanan dan divisi bahasa.

Dalam kunjungan tersebut, para pengurus Pesantren Al Hilal disambut hangat oleh Pengurus Pondok Pesantren Modern Gontor. Pertemuan ini tidak hanya menjadi ajang untuk bertukar pikiran dan pengalaman, tetapi juga untuk bersilaturahmi.

Silaturahmi dan Studi Banding ke Pondok Modern Darussalam Gontor
Dokumentasi pesantrenalhilal.com

Alhamdulillaah, disana pengurus juga berkesempatan untuk bertemu langsung dengan Ananda Refqy Adri Maulana, salah satu alumni santri Pesantren Al Hilal yang saat ini tengah melanjutkan pendidikan di Pondok Modern Darussalam Gontor. Pertemuan ini sangat berkesan dan menjadi suatu kebanggaan tersendiri, karena melihat salah satu santri mereka berkembang dan menimba ilmu di salah satu pondok pesantren yang terkemuka di Indonesia.

“Alhamdulillah, luar biasa sekali karena kurang lebih sekitar 500 kilometer dari Bandung, dan cukup jauh sehingga memakan waktu kurang lebih 7 jam di perjalanan. Alhamdulillaah, di sini kita sudah sampai di Pondok Pesantren Gontor 1 Ponorogo. Di sini kita juga bertujuan untuk studi banding, menanyakan bagaimana caranya untuk mengelola sistem, mengelola pengajaran. Sehingga, kita berguru kepada salah satu pondok yang terbaik dan santrinya banyak. Jadi, kita ini penasaran bagaimana caranya Gontor bisa  sebesar ini. Kita ingin menguras dan menggali tuntas bagaimana caranya, mudah-mudahan Al Hilal bisa sebesar Gontor nantinya,” ungkap Ustaz Imam salah satu pengurus di Pesantren Al Hilal Panyileukan.

Dokumentasi pesantrenalhilal.com

Kegiatan studi banding ini bertujuan untuk mengetahui dan menambah wawasan bagaimana sistem pendidikan di Pesantren Darussalam Gontor sehingga dapat menjadi sebuah sistem yang bagus untuk mendidik dan mengelola Pesantren dengan baik yang nantinya akan di terapkan di Al Hilal. Hal ini juga disampaikan oleh Ustaz Fazlur, salah satu pengajar santri jenjang SMA di Pesantren Al Hilal Panyileukan dan Ustaz Arif Rahman Hakim, pimpinan Pesantren Al Hilal Cililin.

“Bagi saya ini kunjungan ke sekian kalinya, Alhamdulillah hari ini secara khusus mendampingi agenda silaturrahim di Pondok Pesantren Gontor, sambil menggali ilmu, mengambil wawasan, pendidikan dan nilai-nilai yang ada di Gontor. Walaupun santri kami banyak yang alumni Gontor, tapi kami datang kesini untuk bersilaturrahim dan terutama mengambil berkah dari perjalanan dan perjuangan dari Pondok Pesantren Gontor yang harapannya In Syaa Allah Pesantren Al Hilal yang saat ini sedang dibangun dan sedang dirintis, dikembangkan serta dikelola mudah-mudahan bisa mengikuti jejak perjuangan Gontor yang sebanyak ini santrinya dan sebesar ini juga pondoknya. Dengan harapan bisa menjadi generasi penerus dakwah Islam khususnya di Jawa Barat. Mudah-mudahan mendapat ilmu yang bermanfaat, In Syaa Allah juga kita akan keliling ke bagian-bagian yang kami anggap ada kaitannya langsung dengan pengelolaan kami di Pesantren Al Hilal,” ungkap Ustaz Arif, Pimpinan Pesantren Al Hilal Cililin.

Dokumentasi pesantrenalhilal.com

Masya Allah, semoga silaturahmi dan studi banding ini dapat membawa manfaat yang besar bagi Pesantren Al Hilal, serta meningkatkan kualitas pendidikan dan kesejahteraan para santri Pesantren Al Hilal.

Jazakumullahu khairan katsiran, kepada Pondok Modern Darussalam Gontor atas sambutan yang hangat dan kesempatan yang telah diberikan. Semoga silaturahmi ini dapat terus terjalin dan memberikan kontribusi positif bagi perkembangan pendidikan Pesantren di Indonesia. Aamiin yaa rabbal’alaamiin.

Informasi selengkapnya:

✅ Youtube:

✅ Instagram:

✅ Facebook:

Informasi & Call Center

☎ Telpon: 022 2005079

☎ WA: 0812 2220 2751

Penulis: Elis Parwati

×