Pesantren Al Hilal – Sebelum memasuki Al Quran santri harus memahami tajwid terlebih daluhu karena tajwid sendiri adalah salah satu bagian yang tidak bisa terpisahkan dari baca Tulis Quran. Dengan memahami tajwid sendiri santri akan memahami Al Quran dengan baik dan benar, maka dari itu santri wajib memahami tajwid terlebih dahulu. 

Hari kemarin (30/07/2021) santri belajar tajwid setelah shalat dzuhur berjamaah yang di pimpin oleh Ustadz Hafidzh sebelum minggu depan akan di test sudah sejauh mana, hukum pempelajari ilmu tajwid itu sendiri adalah fardhu kifayah, dan mengamalkannya adalah fardhu ‘ain. 

Tahapan pembelajaran ilmu tajwid yang di ajarkan ketika santri sudah menguasai huruf huruf yang berada di Al Quran (huruf huruf hijaiyah) dan sudah bisa membaca huruf-huruf tersebut seperti contohnya hukum nun mati, hukum mim mati, alif lam syamsiah serta hukum mad menjadi hal mendasar untuk dipelajari. 

Berikut macam macam hukum tajwid dan hukum bacaan  nun mati atau tanwin. Nun mati atau tanwin (ـًـٍـٌ / نْ) jika bertemu dengan huruf-huruf hijaiyyah, hukum bacaannya ada 5 macam yaitu:  idzhar, idghom bighunnah, idghom bilaghunnah, iqlab,dan ikhfa’

Idzhar artinya jelas atau terang. Apabila ada nun mati atau tanwin (ـًـٍـٌ / نْ) bertemu dengan salah satu huruf halqi  ع (‘ain), ه (ha), خ (kha),  غ (ghain), ء (hamzah) atau, ح (ha’) maka dibacanya jelas atau terang, contoh bacaannya:

مِنْ اٰيٰتِنَا : huruf نْ (nun sukun) bertemu dengan huruf اٰ (alif)

مِنْهُمْ :  huruf نْ (nun sukun) bertemu dengan huruf ه (ha)

يَوْمًا اَوْ : fathatain bertemu dengan huruf اٰ (alif)

مِنْ اَمْرِنَا : huruf نْ (nun sukun) bertemu dengan huruf اٰ (alif)

مِنْ اَحَدِهِمَا : huruf نْ (nun sukun) bertemu dengan huruf اٰ (alif)

Walaupun demikian, secara kesimpulan tetap sama, yakni samar. Dalam pengertian hukum tajwid, Ikhfa’ adalah satu hukum yang disematkan pada bacaan nun mati atau tanwin ketika bertemu dengan salah satu di antara 15 huruf hijaiyah. Huruf-huruf ini yang nanti menjadi topik bahasan dalam artikel ini. Termasuk contoh dan bagaimana cara membacanya.

Informasi & Call Center

🌐 Website: www.pesantrenalhilal.com

☎ Telpon: 022-2005079

📱 WA: 081 2222 02751