Assalamualaikum sahabat Al Hilal, Alhamdulillah wa Syukurillah, kegiatan belajar dan mengaji santri Pesantren Al Hilal masih terus dilaksanakan! Dibalik kesibukannya mengisi kegiatan rangkaian milad di Pondok, pada Selasa (21/02/2023) santri TPA Al Hilal 1 Cililin pun kembali melaksanakan kegiatan rutinnya seperti murojaah Al Quran, Setoran Quran dan Iqra, hingga Mewarnai di Masjid Marwah.

Bukan hanya itu, santri Rumah Tahfidz Al Hilal 6 Cisaranten pun tetap istiqomah melaksanakan Tahsin dan Tahfidznya di Pondok loh!

Semangat Murojaah Hingga Mewarnai Santri Pesantren Al Hilal!
Dokumentasi pesantrenalhilal.com

Sahabat Al Hilal masih ingat kan arti tahsin? Kata tahsin sendiri diambil dari kata dalam bahasa Arab حسَّن – يحسِّن – تحسيناً yang mengandung arti memperbaiki, menghiasi, membaguskan, memperindah, atau membuat lebih baik dari semula. Jadi, tahsin adalah salah satu cara mencapai kesempurnaan pahala membaca Al Quran.

Sedangkan Tahfidz berasal dari bahasa arab dengan akar kata ha fa zha حفظ yang mempunyai arti menghafal, menjaga, memelihara. Tahfizhul Quran memiiki makna proses penghafaan al quran. Dan orang yang menghafal al quran disebut dengan hafidz.

Masya Allah Tabarakallah, para santri sangat bersemangat dalam melaksanakan kegiatan demi kegiatan di Rumah Tahfidz Al Hilal 6 Cisaranten. Diikuti oleh seluruh santri, kegiatan Tahsin pun terlaksana secara Intensif, Insya Allah kegiatan yang senantiasa dilaksanakan ini akan mendatangkan pahala untuk para santri serta asatidz di pondok.

Semangat Murojaah Hingga Mewarnai Santri Pesantren Al Hilal!
Dokumentasi pesantrenalhilal.com

Berbeda halnya, para santri TPA Al Hilal 1 Cililin juga melaksanakan kegiatan mewarnai di pondok. Seperti yang telah Sahabat Al Hilal ketahui, bahwa tak hanya kegiatan keagamaan saja yang mereka laksanakan di TPA Al Hilal 1 Cililin. Namun, kegiatan untuk mengasah kreativitas pun tetap dilaksanakan.

Tujuannya, yaitu untuk memberikan semangat yang lebih tinggi lagi untuk belajar di Pondok. Bermain sambil belajar memang cocok menjadi metode pembelajaran bagi anak-anak usia dini. Dan itulah yang dilaksanakan oleh para santri. Untuk mengasah kreativitas para Penghafal Quran TPA Al Hilal 1 Cililin, Alhamdulillah wa syukurillah kelas mewarnai kembali dilaksanakan dan diikuti oleh para Santri.

Youtube: Pesantren Yatim Al Hilal

Penulis: Aisyah

×