Takhosus Quran, adalah salah satu program belajar Quran yang ada di Pesantren Al Hilal 1 Cililin. Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) Takhosus pun diberikan kepada santri Penghafal Quran untuk dapat menghafalkan 30 Juz Al Quran. Dalam pelaksanaannya, santri Pesantren Al Hilal 1 Cililin diberikan waktu untuk Menghafalkan Al Quran di alam terbuka, dengan tujuan agar para santri lebih santai dan fokus menghafalkan ayat suci Al Quran.

Program Takhosus Quran pun secara langsung diberikan oleh para Asatidz di Pesantren Al Hilal 1 Cililin kepada santri, calon Penghafal Quran. Alhamdulillah hingga hari ini, tak sedikit santri Penghafal Quran yang telah mencapai setengah perjalanannya dalam menghadal Al Quran, bahkan sudah ada santri Penghafal Quran di Pesantren Al Hilal 1 Cililin yang telah menyelesaikan hafalan Qurannya lebih dari 15 Juz. Itu artinya, tinggal setengah perjalanan lagi bagi mereka untuk menuju 30 Juz. MasyaAllah.

Metode pembelajaran yang dilaksanakan oleh para Asatidz Pesantren Al Hilal 1 Cililin untuk mencetak generasi Qurani pun tidak jauh berbeda dari Pesantren lainnya, dalam pelaksanaannya, Asatidz memberikan waktu untuk melakukan hafalan Al Quran setiap hari, para santri dianjurkan untuk mengaji setiap hari, jika santri sudah memiliki hafalan surat baru pun santri diwajibkan untuk menyetorkan hafalannya kepada Para Asatidz, dan mungulang Kembali hafalan yang telah dihafalkan oleh para santri.

Selain itu, setiap minggunya para Asatidz senantiasa memantau hafalan para santri secara khusus, agar hafalan Quran yang telah dilakukan oleh para santri Penghafal Quran ini selalu berjalan dengan baik dan para santri pun dapat terus menambah hafalan Qurannya. InsyaAllah.

Dalam Hadist yang diriwayatkan oleh Bukhari, Rasulullah SAW bersabda:

إِنَّ أَفْضَلَكُمْ مَنْ تَعَلَّمَ الْقُرْآنَ وَعَلَّمَهُ

Artinya: “Sesungguhnya orang yang paling utama di antara kalian adalah yang belajar Al-Qur`an dan mengajarkannya.” (HR. Bukhari)

Informasi & Call Center

🌐 Website: www.alhilal.or.id

☎ Telpon: 022-2005079

📱 WA: 081 2222 02751