Alhamdulillah wa Syukurillah nih sahabat Al Hilal, menyambut bulan suci Ramadhan Rumah Tahfidz Al Hilal 4 Cirebon telah melaksanakan “Tarhib Ramadhan 1444 H” pada Rabu (22/03/2023). Selain Tarhib Ramadhan dengan penuh kebahagiaan, pembagian paket Munggahan hingga mushofahah pun dilaksanakan bersama Asatidz di Pondok Rumah Tahfidz Al Hilal 4 Cirebon!

Masih ingatkah Sahabat Al Hilal dengan Tarhib Ramadhan yang dilaksanakan pada tahun lalu bersama Ustaz Wijayanto? Dengan pembawaan Ustaz Wijayanto yang sangat ramah dan merakyat, para peserta kajian pun sangat menikmati susunan acara demi acara dengan penuh kegembiraan. Gelak tawa telah tercipta dari ustadz yang sering kali kita temui dari berbagai program acara di televisi tersebut.

Tarhib Ramadhan 1444 H dan Mushafahah ala Al Hilal 4
Dokumentasi pesantrenalhilal.com

Dan belum lama ini, kegiatan Tarhib Ramadhan pun dilaksanakan pada pekan lalu bersama Ustaz Komarudin Chalil. Dihadiri oleh sebanyak 280 partisipan, kegiatan tersebut dilaksanakan berbarengan dengan Dzikir Akbar Bersama Santri Yatim Penghafal Al Quran Se-Jawa Barat, acara yang dilakukan secara virtual melalui zoom meeting tersebut berjalan dengan lancar tanpa adanya kendala apapun.

Alhamdulillah wa Syukurillah, setelah sebelumnya Pondok Pesantren Al Hilal 3 Gegerkalong melaksanakan kegiatan Tarhib Ramadhan yang diisi secara langsung oleh Ustaz Muhtadi selaku pimpinan Pondok Pesantren Al Hilal 3 Gegerkalong, kali ini giliran Rumah Tahfidz Al Hilal 4 Cirebon yang melaksanakan kegiatan Tarhib Ramadhan. Disii secara langsung oleh Ustaz Topan selaku pimpinan Rumah Tahfidz Al Hilal 4 Cirebon, dan ditutup dengan saling bermaaf-maafan serta pembagian sedekah, kegiatan tersebut berjalan dengan lancar dan sukses layaknya acara Tarhib Ramadhan sebelum-sebelumnya.

Selain Tarhib Ramadhan, para santri juga melaksanakan Mushafahah. Tahukah Sahabat Al Hilal? Metode musyafahah merupakan suatu metode pembelajaran membaca Al Quran dengan pelaksanaan guru dan peserta didik berhadap-hadapan secara langsung, tatap muka dan individual. Penetapan pembelajaran membaca Al Quran menggunakan metode musyafahah merupakan sebuah bentuk pendampingan bagi santri untuk meningkatkan kefasihannya dalam membaca Al Quran.

Tarhib Ramadhan 1444 H dan Mushafahah ala Al Hilal 4
Dokumentasi pesantrenalhilal.com

Kefasihan para santri yang meningkat ditunjukkan dengan ketepatannya dalam membaca Al Quran. Pelafalan ayat Al Quran yang tepat harus benar dalam suara, makhroj dan sifatnya, sehingga harus melalui pembelajaran langsung dengan asatidz. Harapannya, dengan Mushafahah ini, para santri dapat lebih fasih lagi dalam melafalkan bacaan Al Quran.

Insya Allah, Tarhib Ramadhan ini akan dilaksanakan secara rutin setiap Bulan Suci Ramadhan. Tentunya, hal tersebut dilakukan demi tercapainya para santri yang berilmu serta menambah keakraban antar santri dan asatidz. Nah, Sahabat Al Hilal, sudahkah melaksanakan kegiatan positif di awal Bulan Suci ini? yuk, kita bersama-sama mengisi Bulan Suci Ramadhan 1444 H ini dengan berbagai kegiatan positif! Semangat dan selamat berpuasa ya, Sahabat Al Hilal!

YouTube: Pesantren Yatim Alhilal

Penulis: Aisyah

×