Tahukah Sahabat? Mengaji dan belajar Iqra serta al-Qur’an memiliki peran yang sangat penting bagi para santri. Berikut adalah beberapa alasan mengapa mengaji dan belajar Iqra serta al-Qur’an sangat penting bagi mereka:

Pertama, mengaji dan belajar Iqra serta al-Qur’an adalah fondasi utama dalam memahami ajaran Islam. Dengan mempelajari al-Qur’an, para santri mendapatkan panduan hidup yang diturunkan langsung dari Allah SWT.

Tetap Semangat Belajar Al Quran dan Iqra Bersama
Dokumentasi pesantrenalhilal.com

Kedua, melalui mengaji dan belajar Iqra serta al-Qur’an, para santri memperdalam pengetahuan mereka tentang agama dan mendalami prinsip-prinsip Islam. Mereka mempelajari hukum-hukum agama, tata cara ibadah, dan etika yang diperlukan dalam kehidupan sehari-hari.

Ketiga, mengaji dan belajar Iqra serta al-Qur’an membantu para santri membangun karakter yang baik. al-Qur’an mengajarkan nilai-nilai moral seperti kejujuran, kesabaran, kasih sayang, dan kerja keras. Dengan mengamalkan ajaran-ajaran ini, para santri tumbuh menjadi individu yang bertanggung jawab, berempati, dan berakhlak mulia.

Keempat, mengaji dan belajar Iqra serta al-Qur’an membantu para santri merawat dan mempertahankan tradisi dan budaya Islam.

Dokumentasi pesantrenalhilal.com

Kelima, mengaji dan belajar Iqra serta al-Qur’an memberikan bekal spiritual dan mental kepada para santri. Mereka merasa lebih dekat dengan Allah, mendapatkan ketenangan jiwa, dan mampu menghadapi tantangan hidup dengan kekuatan iman yang kuat.

Oleh sebab itu, hingga Jum’at (16/06/2023) adik-adik santri TPA Al Hilal 1 Cililin dan adik-adik santri di Pesantren Al Hilal 2 Cipadung tetap istiqomah mengikuti kegiatan belajar, mengaji dan membaca Iqra serta Al Quran.

Berikut merupakan potret beberapa adik-adik santri TPA Al Hilal 1 Cililin yang hingga saat ini masih terus aktif mengikuti kegiatan mengaji dan membaca Iqra.

Dokumentasi pesantrenalhilal.com

Para santri dibagi menjadi beberapa kelompok. Masing-masing kelompok didampingi oleh satu orang Ustadzah untuk membimbing serta mengevaluasi para santri.

Ada juga adik-adik santri Pesantren Al Hilal 2 Cipadung yang hingga saat ini terus istiqomah belajar Al Quran. Diluar cuaca tampak kurang mendukung. Rintik hujan dan angin bersautan, namun hal tersebut tak mengurangi semangat adik-adik santri untuk terus menuntut ilmu.

Semoga dengan ini, kelak adik-adik santri menjadi generasi Al Quran yang bermanfaat untuk membawa negeri ini menjadi Baldatun Thoyyiban Wa Rabbun Ghofuur.. Aamiin Yaa Rabbal’alaamiin.

Youtube: Laziswaf Al Hilal & Pesantren Yatim Alhilal

Penulis: Elis Parwati

×