Assalamualaikum sahabat Al Hilal! Alhamdulillah wa Syukurillah, giat belajar dan mengaji santri Pesantren Al Hilal 2 Cipadung kembali dilaksanakan adik-adik kita. Bersama Ustaz Aziz, Ustaz Teguh, Ustazah Marwah dan Ustazah Maharani di Pondok, mulai dari belajar makharijul huruf, hafalan surat, tahsin dan murojaah jamai, tsaqofah islamiyah, hingga doa sehari-hari dan adab belajar pun telah dipelajari adik-adik Pesantren Al Hilal 2 Cipadung pada Kamis (15/06/2023).

Murojaah Jamai Dilaksanakan, Suasana Kegiatan Belajar Santri
Dokumentasi pesantrenalhilal.com

Kegiatan pun dimulai dengan belajar makharijul huruf. Membaca huruf sesuai dengan makhrajnya merupakan keharusan bagi setiap orang yang membaca Al Quran. Sebab jika terjadi suatu kesalahan dalam pelafalan huruf maka akan menimbulkan makna yang berbeda. Allah SWT berfirman dalam Al Quran:

وَرَتِّلِ الْقُرْاٰنَ تَرْتِيْلًاۗ

dan bacalah Al-Qur’an itu dengan perlahan-lahan. (Q.s. Al-Muzammil: 4)

Selain itu, para santri juga menambah hafalan surat-surat mereka, dan mereka pun amat luar biasa serta hebat dalam menghafal loh, Sahabat! Dilanjutkan dengan tahsin dan murojaah, Sahabat Al Hilal masih ingat apa itu Tahsin? Kata tahsin sendiri diambil dari kata dalam bahasa Arab حسَّن – يحسِّن – تحسيناً yang mengandung arti memperbaiki, menghiasi, membaguskan, memperindah, atau membuat lebih baik dari semula.

Dokumentasi pesantrenalhilal.com

Sebagaimana diketahui, bahwa Al Quran tersusun dari huruf-huruf hijaiyah yang memiliki aturan dalam tiap pembacaannya. Sebab itulah diperlukan ilmu tajwid dan tahsin untuk menyempurnakan bacaan Al Quran sebagaimana yang disinggung dalam hadis sebelumnya. Jadi, tahsin adalah salah satu cara mencapai kesempurnaan pahala membaca Al Quran.

Sedangkan Muroja’ah Jamai’ merupakan latihan bagi seluruh santri untuk menghafalkan kembali, mengingat dan memperkuat hafalan quran mereka.

Dokumentasi pesantrenalhilal.com

Dilanjutkan dengan belajar tsaqofah islamiyah, para santri tetap semangat melaksanakan kegiatan di pondok. Tsaqafah Islamiyah adalah istilah bahasa Arab yang berarti “budaya Islam” atau “kebudayaan Islam”. Istilah ini mengacu pada warisan budaya yang dihasilkan oleh umat Islam, seperti seni, sastra, arsitektur, dan ilmu pengetahuan, yang terbentuk di bawah pengaruh ajaran Islam.

Tak lupa, hingga doa sehari-hari dan adab belajar pun senantiasa dipelajari para santri Pesantren Al Hilal 2 Cipadung. Tentunya, ilmu-ilmu tersebut sangat penting untuk masa depan mereka, karena seperti yang kita ketahui, bahwa apapun yang kita lakukan haruslah dengan adab yang baik serta dibarengi dengan doa agar diridhoi oleh Allah SWT.

Youtube: Laziswaf Al Hilal & Pesantren Yatim Alhilal

Penulis: Aisyah

×