Close

Al Quran Ungkap 4 Hal yang Bisa Memberikan Manusia Ketenangan Hidup di Dunia

PESANTREN AL HILAL – Dalam hidup, manusia pasti menginginkan ketenangan. Sebagai petunjuk dan pedoman hidup manusia, Alquran pun memiliki jawaban atas pencarian ketenangan manusia selama hidup di dunia.

Sahabat Al Hilal, dilansir dari berbagai sumber ketenangan bisa didapatkan manusia dari 4 hal melalui Al Quran. Ini disarikan dari makna sukun (ketenangan) dan turunannya dalam berbagai ayat Alquran. Berikut ini makna dan sumber ketenangan yang disebutkan dalam Alquran,

  1. Rumah

Diriwayatkan dalam firman Allah SWT dalam QS. An-Nahl ayat 80 yang artinya,

Dan Allah menjadikan rumah-rumah bagimu sebagai tempat tinggal dan Dia menjadikan bagimu rumah-rumah (kemah-kemah) dari kulit hewan ternak yang kamu merasa ringan (membawa)nya pada waktu kamu bepergian dan pada waktu kamu bermukim dan (dijadikan-Nya pula) dari bulu domba, bulu unta, dan bulu kambing, alat-alat rumah tangga dan kesenangan sampai waktu (tertentu).”

Ketika kita melihat arti surat di atas, maka bagian dari keberkahan yang Allah berikan. Maka rumah terbut akan menjadi sebagai sumber ketengan dan kebahagian penghuninya.

  • Malam

Sahabat Al Hilal, Allah SWT menciptakan malam sebagai waktu istirahat makhluk-makhluknya. Sehingga mereka dapat merasakan ketenangan di dalamnya. Ketika waktu malam tiba, untuk mendapatkan ketenangan seorang Muslim bisa membaca Alquran, berzikir, bershalawat maupun memberikan infak kepada orang yang membutuhkan.

  • Istri

Allah berfirman dalam QS. Ar Rum ayat 21, bahwa istri dapat menjadi sumber ketenangan dan ketentraman bagi pasangannya. Tentu istri tersebut haruslah istri yang bisa menyenangkan hati suami dengan ketaatan baik kepada suami dan juga kepada Allah SWT.

  • Berdoa

Tentu, dengan berdoa kepada Allah SWT maka Insyallah akan membuat hati lebih tenang dan tentram. Berdoa bukan hanya untuk diri sendiri tetapi juga untuk orang lain, termasuk kepada mereka yang menerima sedekah dari kita. Allah SWT pun berfirman dalam QS. Taubah ayat 103 yang artinya,

“Ambillah zakat dari harta mereka guna membersihkan dan menyucikan mereka dan berdoalah untuk mereka. Sesungguhnya doamu itu (menumbuhkan) ketenteraman jiwa bagi mereka. Allah Mahamendengar, Mahamengetahui.”

Informasi & Call Center

🌐 Website: www.pesantrenalhilal.com

☎ Telpon: 022-2005079

📱 WA: 081 2222 02751

Penulis:

author

Nafisah Samratul

Content Writter at Pesantren al-Hilal

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *