Close

Belajar Adab Makan Ala Santri Pesantren Al Hilal

Anak Anak Yatim Bandung Belajar Adab Makan

PESANTREN AL HILAL – Alhamdulillah, para santri Pesantren Al Hilal 3 Sarikaso seperti biasa selalu melaksanakan kegiatan pembelajaran santri, sahabat Al Hilal, pada hari kemarin Sabtu (06/02/2021) Bersama ustadzah pengajar di Pesantren Al Hilal 3 Sarikaso melaksanakan kegiatan pembelajaran yang sangat menarik dan para santri sangat bersemangat dalam mengerjakan pembelajaran tersebut, yaitu santri belajar praktik adab makan ala Rasulullah SAW.

Sahabat Al Hilal, tujuan dalam dilaksanakannya kegiatan ini yaitu agar para santri sejak dini sudah dikenalkan dengan tata car makan dan minum yang baik sesuai dengan sunnah Rasulullah SAW. Salah satunya yaitu adab makan dan minum dengan menggunakan tangan kanan, makan dan minum sambil duduk, dan lain sebagainya. Sebagaimana sabda Rasulullah SAW, yang diriwayatkan dalam Hadist Imam Muslim.

“Dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bahwasanya beliau melarang seseorang minum sambil berdiri.” Kemudian Qotadah berkata bahwa mereka kala itu bertanya kepada Anas, ‘Bagaimana dengan makan (sambil berdiri)?’ Lalu Anas menjawab, ‘Itu lebih parah dan lebih jelek’

Belajar Adab Makan Ala Santri Pesantren Al Hilal 1

Sahabat Al Hilal, Rasulullah SAW tidak semata-mata melarang kita makan sambil berdiri dan beliau pun menyarankan kepada kita semua untuk makan sambil duduk karena terdapat beberapa hal yang akan membahayakan tubuh kita Ketika kita makan dan minum sambil berdiri. Seperti salah satunya adalah jika sambil berdiri maka air minum tidak bisa mengalir secara optimal. Air tidak bisa bertahan dalam lambung dengan tenang untuk kemudian disirkulasi oleh lever ke seluruh organ tubuh. Walaupun sebenarnya, Ketika kita melakukan hal tersebut dengan tidak sengaja, tetapi alangkah baiknya kita melakukan makan dan minum sesuai dengan syariat adab makan dan minum dengan baik bukan?

Ustadz Menerangkan Tentang Adab Makan Kepada Santri Anak Yatim Bandung

Adapun yang diajarkan oleh ustadz dan ustadzah disana dalam materi pembelajaran “Adab Makan dan Minum” para santri tentunya diajarkan bagiaman seharusnya makan dan minum dengan baik dan benar. Nah Sahabat Al Hilal, ustadzah disana memberikan materi-materi yang khusus untuk adab makan dan minum seperti:

  1. Mengucapkan Basmallah Sebelum Makan dan Minum
  2. Makan dan Minum Sambil Duduk
  3. Makan dan Minum Dengan Tangan Kanan

Tentunya ustadzah disana menganjurkan sekaligus mempraktekkan kepada santri untuk makan dengan tangan kanan, karena sesungguhnya para santri yang usia nya masih dini lebih mencontoh apapun yang kita lakukan bukan?

  • Tidak Meniup Makanan atau Minuman

Sahabat Al Hilal, Rasulullah SAW melarang kita untuk meniup makanan atau minuman yang akan dimakan atau diminum oleh kita, seperti yang diriwayatkan dalam HR. Abu Dawud dan At-Tirmidzi.

Dari Ibnu Abbas Radhiyallahu’anhuma bahwa Nabi Muhammad Saw melarang pengembusan nafas dan peniupan (makanan atau minuman) pada bejana,” (HR. Abu Dawud dan At-Tirmidzi)

  • Minum dengan tiga tegukan
  • Menuangkan Air Ke Gelas Secukupnya
  • Ditutup Dengan Membaca Hamdallah

Nah itulah sahabat Al Hilal, beberapa adab makan dan minum yang telah diajarkan oleh ustadzah di Pesantren Al Hilal 3 Sarikaso. InsyaAllah Ketika para santri yang masih dalam usia telah diajarkan bagaimana adab makan dan minum sesuai anjuran yang telah diajarkan oleh Rasulullah SAW akan tertanam pada diri para santri dan semoga diamalkan hingga dewasa kelak. Aamiin Ya Rabbal Alamin.

Informasi & Call Center

🌐 Website: www.pesantrenalhilal.com

☎ Telepon: 022-2005079

📱 WA: 081 2222 0275 ©️ Laz Al Hilal Copyright Picture

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *