Close

Hafalan Dan Menulis Doa-Doa

Hafalan Dan Menulis Doa-Doa 1

PESANTREN AL HILAL – Selamat pagi sahabat Al Hilal! Alhamdulillah, para santri di TPA AL Hilal telah selesai melaksanakan Kegiatan belajar menulis doa-doa tentang mendapatkan musibah. Sahabat Al Hilal, setelah para santri menulis doa-doa tersebut para santri melanjutkan kegiatan belajarnya dengan menghafalkan doa-doa mendapat musibahh serta ditambahkan dengan menghfafal doa niat berpuasa dan berbuka puasa, karena bulan Ramadhan tinggal menghitung hari. Oh iya, bulan Ramadhan tinggal 45 hari loh sahabat Al Hilal!

Sahabat Al Hilal, memberikan materi hafalan-hafalan doa kepada santri bertujuan agar sejak dini para santri di TPA Al Hilal sudah mengetahui dan belajar doa-doa tersebut, karena sungguh doa tersebut sangat dibutuhkan ketika berada dalam musibah, dan jika doa niat berpuasa dan berbuka puasa tentu akan selalu dibacakan oleh seluruh umat muslim ketika kita akan melaksanakan puasa di bulan Ramadhan.

Tentu, setiap manusia pasti suatu hari akn mendapatkan musibah. Musibah bisa saja datang karena ujian dari Allah SWT, karena sungguh ujian yang datang dari Allah SWT tidak hanya takdir tetapi bisa jadi suatu teguran dari Allah SWT. Karena sungguh, kita tidak pernah tahu bagaimana Allah SWT memberikan musibah bukan? Musibah dapat datang kapan saja. Musibah yang kita terima dari Allah SWT terbagi menjadi dua, dilansir dari laman brillio musibah yang dialami oleh seseorang itu dari ringan hingga berat. Meski tidak ada yang menginginkan, musibah tidak bisa kota tolak. Pun demikian, musibah yang bisa terjadi kepada semua orang tanpa pandang bulu bukan?

Karena sungguh, kita sebagai orang beriman musibah tidak boleh kita pandang sebagai peristiwa yang negatif, melainkan harus kita pandang sebagai cobaan dari Allah SWT yang InsyaAllah suatu musibah tersebut menjadi ajang untuk melatih diri untuk sabar, tidak mudah berputus asa dan tabah. Wallahu’alam bishawab. Allah SWT telah berjanji untuk mengangkat derajat seorang hamba yang menghadapi musibah. Bukankah janji Allah SWT benar?

Sahabat Al Hilal, hafalan doa mendapatkan musibah yang dihafalkan oleh para santri berbunyi:

إنّاَ لِلهِ وإنَّا إِلَيْهِ رَاجِعُونَ اللَّهُمَّ أجُرْنِي فِي مُصِيبَتي وأَخْلِفْ لِي خَيْراً مِنْها

Sesungguhnya kami adalah milik Allah, dan sungguh hanya kepada-Nya kami akan kembali. Ya Allah, karuniakanlah padaku pahala dalam musibah yang menimpaku dan berilah aku ganti yang lebih baik daripadanya

Hafalan Dan Menulis Doa-Doa 2

Setelah para santri menghafalkan doa tersebut dan menuliskannya, para santri pun melanjutkan dengan menghafalkan doa niat berpuasa dan berbuka puasa karena seluruh umat muslim akan melaksanakan ibadah berpuasa di bulan Ramadhan dan tinggal menghitung hari! Sahabat Al Hilal, semoga dengan diajarkan niat berpuasa dan berbuka puasa para sabtri selalu mengaplikasikannya dalam kehidup sehari-hari selama berpuasa di bulan Ramadhan. Dan InsyaAllah ketika para santri disampaikan materi doa-doa sejak dini, maka diharapkan para santri mengaplikasikan doa-doa tersebut di kehidupan sehari-harinya. Aamiin Ya Rabbal Alamin.

Sahabat Al Hilal, hafalan doa niat puasa yang dihafalkan oleh para santri berbunyi:

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ اَدَاءِ فَرْضِ شَهْرِ رَمَضَانَ هذِهِ السَّنَةِ ِللهِ تَعَالَى

Saya niat berpuasa esok hari untuk menunaikan fardhu di bulan Ramadhan tahun ini, karena Allah Ta’ala.”

doa berbuka puasa yang dihafalkan oleh para santri berbunyi:

للّهُمَّ لَكَ صُمْتُ وَبِكَ آمَنْتُ وَعَلَى رِزْقِكَ أَفْطَرْتُ بِرَحْمَتِكَ يَا اَرْحَمَ الرَّحِمِيْنَ

Ya Allah karena-Mu aku berpuasa, dengan-Mu aku beriman, kepada-Mu aku berserah dan dengan rezeki-Mu aku berbuka (puasa), dengan rahmat-MU, Ya Allah Tuhan Maha Pengasih.

Informasi & Call Center

🌐 Website: www.alhilal.or.id

☎ Telpon: 022-2005079

📱 WA: 081 2222 02751

©️ Laz Al Hilal Copyright Picture

Penulis:

author

Nafisah Samratul

Content Writter at Pesantren al-Hilal

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *