Close

Mufrodat Santri Al Hilal

Mufrodat Santri Al Hilal 1

PESANTREN AL HILAL – Alhamdulillah hari ini, Jumat (26/02/2021) para santri di Pesantren Al Hilal 1 Cililin telah melaksanakan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) yang bertempat di masjid Marwah, hari ini para santri telah menyelesaikan pembelajaran dengan materi Mufrodat. Apa itu mufrodat? Mungkin untuk para santri di seluruh Indonesia, kata mufrodat sudah tidak asing lagi di telinga para santri. tetapi, apakah sahabat Al Hilal sudah mengetahui apa itu mufrodat?

Mufrodat Santri Al Hilal 2

Sahabat Al Hilal, mufrodat adalah salah satu dari banyaknya kegiatan pembelajaran di pesantren. Tentu, di Pesantren Al Hilal pun pembelajaran mufrodat ini disampaikan oleh para pengajar kepada para santri. kegiatan mufrodat ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berbahasa. Bahasa apakah yang ditargetkan? Yaitu bahasa arab dan bagasa inggris. Ya seperti yang kita ketahui, belajar mufrodat berarti belajar untuk mengasah kemampuan berbahasa para santri. Ketika para santri mempelajari mufrodat, InsyaAllah para santri pun akan lebih lancar dan lebih mudah untuk para santri menggunakan bahasa tersebut dalam keseharian mereka.

Di Pesantren Al Hilal 1 Cililin, kegiatan mufrodat merupakan kegiatan rutinitas yang selalu disampaikan oleh ustadz dan ustadzah pengajar. Serta dalam pelaksanakaannya pun para pengajar menyampaikan materi tersebut dengan beberapa strategi, seperti halnya materi-materi yang selalu disampaikan oleh para pengajar. Seperti mendengarkan kosa kata, mengucapkan kosa kata, dan apapun makna yang dari kata tersebut. Apa ya maksudnya? Jadi, ketika para santri mendengarkan kata yang diucapkan oleh pengajar, disanalah kesempatan para santri untuk mendengarkan kata yang diucapkan, lalu ketika para santri telah mendengarkan kata tersebut disanalah para santri diberikan kesempatan Kembali untuk mengucapkan kata yang telah didengarkan.

Mufrodat Santri Al Hilal 3

Setelah seluruh strategi yang disampaikan oleh para pengajar selesai, disitulah para santri memulai untuk menulis, membuat, dan menghafalkan kalimat yang telah disampaikan oleh para santri. InsyaAllah ketika materi tersebut disampaikan oleh para pengajar kepada para santri dalam menghafal dan menggunakan berbagai kosa kata yang telah didapatkan ketika para pengajar telah menyampaikan materinya.

Sahabat Al Hilal, seperti yang telah kita ketahui, bahasa Inggris telah menjadi bahasa internasional nomor satu yang menghubungkan setiap orang dari berbagai negara. Dan sama hal nya dengan bahasa Inggris, bahasa Arab juga penting untuk dipelajari khususnya untuk kita yang beragama Islam. Karena InsyaAllah jika para santri Pesantren Al Hilal dengan lancar berbicara bahasa Arab maka InsyaAllah para santri lulusan Pesantren Al Hilal dapat mengartikan sekaligus memaknai setiap lantunan ayat suci Alquran yang kita baca atau dengarkan. Aamiin Ya Rabbal Alamin.

Dari Abu Hurairah radhiyallahu’anhu, ia berkata kepada Rasullullah shallallahu’alaihi wa sallam:

إِذَا مَاتَ الْإِنْسَانُ انْقَطَعَ عَمَلُهُ إِلَّا مِنْ ثَلَاثَةٍ مِنْ صَدَقَةٍ جَارِيَةٍ وَعِلْمٍ يُنْتَفَعُ بِهِ وَوَلَدٍ صَالِحٍ يَدْعُو لَهُ

“Jika seseorang meninggal dunia, maka terputuslah amalannya kecuali tiga perkara (yaitu): sedekah jariyah, ilmu yang dimanfaatkan, atau do’a anak yang sholeh” (HR. Muslim)

Informasi & Call Center

🌐 Website: www.alhilal.or.id

☎ Telpon: 022-2005079

📱 WA: 081 2222 02751

©️ Laz Al Hilal Copyright Picture

Penulis:

author

Nafisah Samratul

Content Writter at Pesantren al-Hilal

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *