Close

Kebun Sayur Segar Hidroponik Karya Santri Pesantren Al Hilal

Kebun Sayur Segar Hidroponik Karya Santri Pesantren Al Hilal 1

PESANTREN AL HILAL – Kebun sayur sehat hidroponik merupakan salah satu karya santri di Pesantren Al Hilal 2 Cibiru sekaligus menjadi salah satu kegiatan ekstrakulikuler di Pesantren Al Hilal 2 Cibiru. Pelaksanaan kegiatan ekstrakulikuler sayur sehat hidroponik ini telah bersalan selama satu bulan lamanya.

Sahabat Al Hilal, kebun sayur sehat hidroponik ini pun secara langsung dirawat oleh para santri di Pesantren Al Hilal 2 Cibiru. Para santri yang tergabung dalam Organisasi Santri Penghafal Al Quran (OSPA). Organisasi ini pun beranggotakan para santri Pesantren Al Hilal 2 Cibiru dan para Asatidz Al Hilal Cibiru.

Diselenggarakannya kegiatan ini pun dilaksanakan dalam rangka untuk mengenalkan para santri terhadap dunia gardening. Hal yang difokuskan dalam pelaksanaan ini adalah penanaman dengan sistem hidroponik. Selain mengenalkan para santri terhadap dunia gardening dalam pelaksanaannya pun diharapkan agar para santri memiliki jiwa pengusaha. Mengapa demikian? Karena dalam hasil dari penanam sayur hidroponik ini dijual untuk masyarakat umum.

Kebun Sayur Segar Hidroponik Karya Santri Pesantren Al Hilal 2

Isep Paozi, selaku pengurus Pesantren Al Hilal 2 Cibiru pun menyebutkan bahwa sebelum pelaksanaan kegiatan ini dilaksanakan, tentu para santri terlebih dahulu dibimbing melalui penyuluhan sistem hidroponik oleh para relawan yang konsen terhadap bidang Pengembangan Hidroponik itu sendiri.

”Sudah 1 bulan sejak awal Maret, sebelumnya ditraining melalui penyuluhan sistem Hidroponik oleh Para Relawan yang konsen di bidang Pengembangan Hidroponik,” Ujar Isep Paozi menjelaskan.

InsyaAllah, ketika para santri mengikuti penyuluhan tentang hidroponik maka para santri akan melaksanakan karya tersebut dengan mempraktekannya berdasarkan dengan bimbingan yang tepat dari para relawan. Sehingga setelah pelatihan itu dilaksanakan para santri dengan mandiri dapat merawat tanaman hidroponik tersebut setiap hari.

Kebun Sayur Segar Hidroponik Karya Santri Pesantren Al Hilal 3

Kebun sayuran hidroponik yang telah dirawat selama satu bulan lamanya oleh para santri pun Alhamdulillah telah panen pada Selasa (30/03/2021). Hasil panen kebun sayuran hidroponik pun Alhamdulillah telah terjual seluruhnya oleh warga sekitar Pesantren Al Hilal 2 Cibiru. Jazakumullah Khair.

Informasi & Call Center

🌐 Website: www.alhilal.or.id

☎ Telpon: 022-2005079

📱 WA: 081 2222 02751

©️ Laz Al Hilal Copyright Picture

Penulis:

author

Nafisah Samratul

Content Writter at Pesantren al-Hilal

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *