Rabu (12/01/2022) para santri Pesantren al Hilal 3 Gegerkalong, Kota Bandung telah melaksanakan kegiatan Kinasah lingkungan di sekitar Pondok Pesantren al Hilal 3 Gegerkalong. Kegiatan kinasah atau sapu-sapu lingkungan pesantren al Hilal 3 gegerkalong merupakan kegiatan yang dilakukan setiap hari. Para santri melakukan kegiatan tersebut setiap setelah melakukan kegiatan mengaji dan belajar.

Kegiatan Kinasah Lingkungan oleh Santri Pesantren al Hilal 3 Gegerkalong
Dokumentasi Kegiatan pesantrenalhilal.com

Seperti biasa, para santri sangat antusias dan bersemangat dalam melakukan kegiatan Kinasah lingkungan di sekitar Pondok Pesantren. Bagi mereka, kegiatan diluar proses belajar mengajar merupakan kegiatan yang menyenangkan. Karena, hal tersebut menjadi hiburan tersendiri dan saat melakukan kegiatan tersebut mereka bisa sambil bercengkrama bersama teman-teman santri yang lain.

Kegiatan belajar mengajar dilakukan oleh santri pada pagi hari, kemudian dilanjutkan dengan kegiatan mengaji bersama. Para santri sangat bersemangat dalam melakukan kegiatan belajar mengajar, setelah sebelumnya memasuki libur akhir tahun di rumah masing-masing. Selain itu, para santri juga antusias dalam membaca dan menghafal Al-Quran kembali.

Setelah proses belajar mengajar dan mengaji selesai, para santri langsung bergegas untuk menyiapkan diri, agar siap mengikuti kegiatan kinasah lingkungan. Para santri menyapu halaman pondok pesantren sambil diwarnai tawa bahagia, karena dilakukan bersama-sama. Dalam kegiatan ini, para santri diajarkan untuk gotong royong sejak dini.

Kegiatan Kinasah Lingkungan oleh Santri Pesantren al Hilal 3 Gegerkalong
Dokumentasi Kegiatan pesantrenalhilal.com

Selain menyapu halaman pondok pesantren, para santri juga antusias untuk merapikan sandal dan sepatu yang berserakan. Hal tersebut merupakan kegiatan yang sangat mulia, karena dapat memudahkan para pemilik untuk menemukan sandal dan sepatunya. Masya Allah, sungguh kegiatan yang sangat baik sekaligus memberikan manfaat untuk orang lain.

Mari kita doakan bersama-sama agar para santri Pesantren al Hilal 3 Gegerkalong selalu diberikan kesehatan dan lebih bersemangat lagi dalam melaksanakan kegiatan apapun yang ada di pondok pesantren. Dan kegiatan kinasah lingkungan ini dapat memberikan dampak positif serta memotivasi bagi masyarakat dan para santri itu sendiri.

Aamiin yaa Rabbal ‘aalamiin.

Masya Allah, tabaarakallaah.

-TA