Kamis (13/01/2022) telah dilaksanakan kegiatan buka bersama para santri Pesantren al Hilal 1 Cililin, Pesantren al Hilal 3 Gegerkalong, dan Pesantren al Hilal 4 Cirebon. Ketiga pondok pesantren tersebut mengadakan shaum sunah dan kegiatan buka bersama secara serentak. Kegiatan tersebut merupakan kegiatan rutin yang diselenggarakan seminggu dua kali yaitu setiap senin dan kamis.

Kegiatan Buka Bersama Santri Pesantren al Hilal 1, 3, & 4 Terlaksana
Dokumentasi Kegiatan pesantrenalhilal.com

Sahabat al Hilal, puasa senin dan kamis merupakan jenis puasa sunah yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW.

“Aku berkata pada Rasul –shallallahu ‘alaihi wa sallam-, “Wahai Rasulullah, engkau terlihat berpuasa sampai-sampai dikira tidak ada waktu bagimu untuk tidak puasa. Engkau juga terlihat tidak puasa, sampai-sampai dikira engkau tidak pernah puasa. Kecuali dua hari yang engkau bertemu dengannya dan berpuasa ketika itu.” Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bertanya, “Apa dua hari tersebut?” Usamah menjawab, “Senin dan Kamis.” Lalu beliau bersabda, “Dua hari tersebut adalah waktu dihadapkannya amalan pada Rabb semesta alam (pada Allah). Aku sangat suka ketika amalanku dihadapkan sedang aku dalam keadaan berpuasa.” (HR. An Nasai no. 2360 dan Ahmad 5: 201. Al Hafizh Abu Thohir mengatakan bahwa sanad hadis ini hasan).

Alhamdulillah, para santri di ketiga pondok pesantren tersebut sangat senang dan antusias dalam mengikuti kegiatan shaum sunah senin kamis. Dan pada saat adzan berkumandang, para santri langsung menyerbu makanan yang disediakan oleh pihak yayasan. Makanan yang disediakan oleh yayasan Pesantren al Hilal merupakan hasil dari bantuan yang telah disalurkan Sahabat al Hilal semua.

Kegiatan Buka Bersama Santri Pesantren al Hilal 1, 3, & 4 Terlaksana
Dokumentasi Kegiatan pesantrenalhilal.com

Jazakumullah khairan katsiran, bantuan tersebut telah disalurkan dalam bentuk makanan untuk berbuka para santri di Pesantren al Hilal 1, 3 dan 4. Dan pastinya sangat bermanfaat untuk mereka semua dan mereka sangat senang dengan rizki makanan yang telah dihidangkan.

kenikmatan berbuka puasa Santri Penghafal Quran Pesantren al Hilal pun ditutup dengan Doa dan Dzikir bersama Ustadz Abu Faris secara virtual melalui zoom meeting dan kanal youtube Pesantren Yatim al Hilal hingga pukul 19.30 WIB.

Semoga rizki yang telah Sahabat al Hilal salurkan kepada para santri Pesantren al Hilal 1,3 dan 4 dapat berguna untuk mereka. Dan semoga senantiasa dibalas oleh Allah SWT berupa pahala yang berlipat ganda dan rezeki yang luar biasa tak henti-hentinya mengalir kepada Sahabat al Hilal semua.

Aamiin yaa Rabbal ‘aalamiin.

-TA