Selain di Masjid Marwah, Pesantren Al Hilal 1 Cililin, Rumah Tahfidz Al Hilal 6 Cisaranten dan Pesantren Al Hilal 8 Panyileukan, Pondok Pesantren Al Hilal 3 Gegerkalong pun ikut menyemarakkan fenomena Gerhana Bulan, loh!

Diikuti oleh 40 Santri Pesantren Al Hilal 3 Gegerkalong, kegiatan di malam Gerhana Bulan pun dimulai dengan membaca takbir bersama-sama dan dilanjutkan dengan Solat Gerhana Bulan yang dipimpin oleh Ustaz Mulki.

Selain mendengarkan khutbah dan dzikir yang dipimpin langsung oleh Ustaz Haldin, Alhamdulillah Santri Pesantren Al Hilal 3 Gegerkalong pun menutup kegiatannya dengan berbagi makanan di Pondok pada Selasa (08/11/2022).

Kegiatan Santri Pesantren Al Hilal 3 Gerlong Saat Gerhana Bulan
Dokumentasi pesantrenalhilal.com

Tahukah Sahabat Al Hilal? Mayoritas ulama menyatakan bahwa hukum solat gerhana bulan merupakan sunnah muakkad sehingga sangat dianjurkan bagi setiap muslim yang melihat atau mengetahui kejadian tersebut. Sama seperti solat sunah lainnya, tata cara solat gerhana bulan ini dikerjakan sebanyak dua rakaat.

Boleh dilakukan secara munfarid yaitu sendiri-sendiri ataupun berjamaah. Solat gerhana merupakan bentuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. Sebab, fenomena alam ini merupakan bagian dari tanda kekuasaan Allah SWT sekaligus untuk mengingatkan manusia akan tanda-tanda hari kiamat, sebagaimana bunyi hadis berikut yang artinya:

Telah menceritakan kepada kami, Abu Al Walid berkata, telah menceritakan kepada kami, Zaidan berkata, telah menceritakan kepada kami, Ziyad bin ‘Ilaqah, dia berkata: “Aku mendengar Al-Mughirah bin Syu’bah berkata, “Telah terjadi gerhana mahatari ketika wafatnya Ibrahim.”

Kemudian Rasulullah SAW berkata, “Sesunggunya matahari dan bulan adalah dua tanda dari tanda-tanda kebesaran Allah SWT, dan ia tidak akan mengalami gerhana disebabkan karena mati atau hidupnya seseorang. Jika kalian melihat gerhana keduanya, makan berdoalah kepada Allah SWT dan dirikan shalat hingga (matahari) kembali tampak.” (HR. Al-Bukhari).

Kegiatan Santri Pesantren Al Hilal 3 Gerlong Saat Gerhana Bulan
Dokumentasi pesantrenalhilal.com

Para santri penghafal Quran Pesantren Al Hilal 3 Gegerkalong pun segera melaksanakan solat gerhana bulan secara berjamaah, sejak mulai terjadinya gerhana hingga selesai.

Tak hanya melaksanakan solat dan menyaksikan khutbah, sebelum pulang, para santri pun makan pizza bersama yang merupakan salah satu berkah dari Para Dermawan!

Masya Allah tabarakallah, sungguh luar biasa ya para adik-adik santri kita di Pondok Pesantren Al Hilal 3 Gegerkalong! Bagaimana dengan Sahabat Al Hilal, nih? Sudahkah melaksanakan solat gerhana bulan total semalam? Semoga solat gerhana yang telah kita laksanakan dapat bernilai ibadah, sehingga pahalanya dilipatgandakan oleh Allah SWT, ya! Aamiin Yaa Rabbal Alaamiin.

Youtube: Pesantren Yatim Alhilal

Penulis: Aisyah

×