Close

Kegiatan Tasmi’ul Quran “Sebagai Evaluasi Hafalan Santri”

Kegiatan Tasmi’ul Quran  “Sebagai Evaluasi Hafalan Santri” 1

Pesantren Al Hilal, Cililin – Salah satu program penting yang wajib di ikuti oleh seluruh santri Al Hilal adalah, kegiatan “Tasmi’ul Quran” yaitu dimana kegiatan ini memiliki tujuan untuk menjadi ajang evaluasi hafalan yang telah di miliki santri Al Hilal.

Kegiatan tasmi’ul Quran yang selalu rutin dilaksanakan setiap minggu nya di Pesantren Al Hilal 1 Cililin tepatnya di masjid Marwah. Sahabat Al Hilal, dalam pelaksanaan kegiatan tasmi’ul Quran pada Selasa (16/02/2021).

Kegiatan Tasmi’ul Quran  “Sebagai Evaluasi Hafalan Santri” 2

Setiap kegiatan santri bergantian untuk menyetorkan hafalan di depan teman-temannya serta Ustadz. Hari ini yang bekesempatan untuk menyetorkan hafalan adalah Ananda Muhammad Rafi Al-Ghifari asal Cianjur. Di harapkan pada kegiatan ini seluruh santri dapat melantunkan hafalan Qur’an yang di milikinya sebaik dan selancar mungkin.

Syarat untuk menambah hafalan adalah ketika santri telah “lulus” sesuai dengan kiteria yang telah di tetapkan, serta kualitas standar yang sesuai. Jika belum bisa sesuai dengan standar kualitas yang di tetapkan Ustadz (atau bisa di sebut pengajar) maka santri wajib mengulang-ulang hafalan lamanya, hingga sesuai dengan standar kualitas, sebelum melanjutkan hafalan selanjutnya.

Kegiatan Tasmi’ul Quran  “Sebagai Evaluasi Hafalan Santri” 3

Para santri begitu antusias mengikuti kegiatan “Tasmi’ul Quran” karena dimana mereka telah menanti nantikan hafalan yang telah mereka hafalkan pastinya tidak sabar untuk menunggu giliran untuk tampil. Santri tampaknya sangat bersungguh-sungguh dalam melantunkan hafalannya di hadapan Ustadz (atau bisa di sebut pengajar).

Kegiatan ini di bagi beberapa kelompok, dengan tujuan tetap menjaga protokol Kesehatan yang berlaku, sebelum memasuki area Masjid Marwah santri di wajibkan mencuci tangan, berjaga jarak, kegiatan ini di laksanakan setelah Shalat Ashar.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *