Berbagai kegiatan senantiasa tengah dilaksanakan oleh Rumah Tahfidz dan Pondok Pesantren Al Hilal 1 hingga 8. Tentunya, dengan penuh semangat dan suka cita, para santri dan santriwati senantiasa mengikuti berbagai kegiatan tersebut dengan baik.

Pastinya, para santri dan santriwati sangat antusias dan bersemangat. Berbagai kegiatan di Pondok senantiasa dilaksanakan oleh para santri Yatim dan Penghafal Quran Al Hilal 1 Cililin.

Alhamdulillah wa syukurillah Kegiatan Belajar Mengajar dan Mengaji (KBM) Santri Yatim Penghafal Quran Pesantren Al Hilal 1 Cililin kembali dilaksanakan pada hari ini, Selasa (07/03/2023). Dimulai pada pukul 08.00 WIB, seperti biasa, kegiatan belajar mengajar para santri Yatim dan Penghafal Quran Al Hilal 1 Cililin diawali dengan berdoa bersama.

Santri Pesantren Al Hilal 1 Cililin Kembali Belajar di Sekolah
Dokumentasi pesantrenalhilal.com

Kemudian, para santri pun mulai belajar seperti biasa, seperti mengaji dan belajar pengetahuan umum. Dan kegiatan belajar mengajar tersebut dilaksanakan secara langsung setiap harinya. Berbagai materi pelajaran pun disampaikan Asatidz untuk Santri Yatim Pondok Pesantren Al Hilal 1 Cililin, yakni sebagai berikut:

▶️ Bahasa Inggris (kelas 7)
▶️ Bahasa Arab (kelas 8)
▶️ Nahwu Sharaf (kelas 9)

Tahukah Sahabat Al Hilal? Allah SWT telah menjadikan bahasa Arab sebagai bahasa Al Quran karena bahasa Arab merupakan bahasa terbaik yang pernah ada. Hal ini sebagaimana firman Allah SWT:

إِنَّا أَنْزَلْنَاهُ قُرْآنًا عَرَبِيًّا لَعَلَّكُمْ تَعْقِلُونَ

“Sesungguhnya Kami telah jadikan Al Quran dalam bahasa Arab supaya kalian memikirkannya.” (QS. Yusuf [12]: 2).

Ibnu Katsir rahimahullah berkata ketika menjelaskan ayat di atas, ”Karena bahasa Arab adalah bahasa yang paling fasih, paling jelas, paling luas, dan paling banyak pengungkapan makna yang dapat menenangkan jiwa. Oleh karena itu, kitab yang paling mulia ini (yaitu Al-Qur’an, pen.) diturunkan dengan bahasa yang paling mulia (yaitu bahasa Arab, pen.).”

Dan ilmu nahwu sharaf pun sama pentingnya bagi yang ingin menguasai bahasa Arab denagan secara baik dan benar, selain itu ilmu nahwu dan Sharaf juga sangat berperan dalam membaca dan menterjemahkan kitab-kitab para ulama terdahulu.

Santri Pesantren Al Hilal 1 Cililin Kembali Belajar di Sekolah
Dokumentasi pesantrenalhilal.com

Tak hanya Bahasa Arab, sejak disahkan menjadi bahasa internasional oleh Persatuan Bangsa Bangsa (PBB) tahun 60-an, bahasa Inggris mulai merasupi seluruh aspek kehidupan umat manusia di berbagai sektor dan keseharian hidup.

Hal ini juga berdampak pada perubahan tatanan kompetisi di dunia pendidikan, profesional maupun bisnis. Maka dari itu, belajar bahasa Inggris amat penting untuk para santri.

Insya Allah, dengan adanya berbagai macam kegiatan kepesantrenan di pondok, para santri dapat senantiasa menjadi pribadi yang berilmu serta berakhlakul karimah.

Masya Allah tabarakallah, terus semangat untuk menggali lebih banyak ilmu-ilmu Agama di Pondok ya Adik-Adik Santri! Mari kita doakan bersama-sama agar para santri dapat senantiasa bersemangat untuk melakukan kegiatan belajar mengajar di Pondok Pesantren Al Hilal 1 Cililin.

Baik itu mulai dari melakukan doa bersama, belajar mengajar seperti biasa hingga mengaji. Insya Allah, ilmu yang mereka dapatkan akan sangat bermanfaat baik itu untuk diri mereka sendiri, keluarga dan masyarakat sekitar.

Youtube: Pesantren Yatim Al Hilal

Penulis: Aisyah

×