Penuh Rasa Haru Ananda Maulana Fitriadin Berhasil Tasmi Al-Quran Juz 27
Dokumentasi Kegiatan pesantrenalhilal.com

Program tasmi al-quran ini adalah salah satu bentuk kegiatan yang wajib dilakukan oleh seluruh santri pesantren al Hilal (Sarikaso, Manisi, Cibiru, Cirebon, Pasir Biru).

Arti tasmi sendiri adalah mendengar/memperdengarkan, sedangakan tasmi al-quran artinya kegiatan memperdengarkan bacaan al-quran yang sebelumnya telah dihafal oleh seseorang. Kegiatan ini juga biasanya dilakukan sebegai bentuk ujian setelah selesai menghapal al-quran.

Dengan adanya program tasmi al-quran ini, diharapkan menjadi ajang untuk menujukan kepercayaan diri santri dengan mengevaluasi hafalan yang telah dimiliki dan memupuk santri untuk menumbuhkan kecintaanya terhadap al-quran.

Jika rasa kecintaanya kepada al-quran sudah melekat, para santri diharapkan dimudahan oleh Allah untuk melaksanakan pembelajaran agama, salah satunya adalah tasmi al-quran.

Pada hari selasa 12 Oktober 2021, program tasmi al-quran dilaksanakan sebagai salah satu rutinitas yang selalu diadakan setiap minggunya di pondok pesantren al Hilal, Cililin.

Program ini dilaksanakan di masjid Marwah lantai 1 dan diikuti oleh seluruh santri al Hilal Cililin yang dibimbing oleh asatidz (tim ustadz) pondok pesantren al Hilal Cililin setelah melakukan shalat dzuhur.

Ananda Maulana Fitriadin Berhasil Tasmi Al-Quran Juz 27
Dokumentasi Kegiatan pesantrenalhilal.com

Kegiatan tasmi kali ini dipenuhi dengan rasa haru, karena terdapat satu santri yang sangat pemalu. Santri tersebut ingin menunjukan kemampuannya, akan tetapi rasa takut terus menghantuinya hingga santri ini sering menunda-nunda untuk melakukan tasmi al-quran.

Meskipun demikian, para pengurus santri pesantren al Hilal Cililin tidak memaksanya. Para pengurus justru memberikan arahan, bimbingan, dan motivasi agar santri tersebut lebih percaya diri untuk menampilkan hafalan qurannya di hadapan teman-temannya.

Santri  pemalu tersebut ialah Ananda Maulana Fitriadin Purnama Al Qorni. Dengan perjuangannya melawan rasa takut, akhirnya Ananda Maulana berhasil mentasmikan al-quran juz ke-27 dengan penuh rasa haru.

Dengan hanya sekali duduk Ananda Maulana Fitriadin Purnama Al Qorni berhasil mentasmikan 1 juz hafalannya dan disimak langsung oleh teman-temannya. Hal tersebut menjadi momen yang sangat haru sekaligus membahagiakan karena Ananda Maulana berhasil mentasmikan hafalannya dengan menitikan air mata.

Sebagaimana diketahui bahwa kegiatan ini merupakan salah satu program yang diadakan pesantren al Hilal. Selain bertujuan untuk menunjukan momen keberhasilan para santri, program ini juga menjadi bukti kuat bahwa santri telah memiliki hafalan al-quran yang benar-benar baik dan berkualitas.

Salurkan kontribusi anda demi mewujudkan cita-cita santri yatim penghafal al-quran melalui Laziswaf al Hilal disini!

🌐 Website: www.pesantrenalhilal.com

☎ Telepon: 022-2005079

📱 Whatsapp: 0812-2220-2751

©️ Pesantren al Hilal Copyright