Santri Pondok Pesantren al Hilal 1 Cililin Melaksanakan KBM Tatap Muka
Dokumentasi Kegiatan pesantrenalhilal.com

Pesantren al Hilal – Pada hari senin (11 Oktober 2021) Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) santri pondok pesantren yatim al Hilal 1 Cililin dilaksanakan kembali. Akan tetapi KBM belum dapat berjalan normal seperti biasanya karena masih mewabahnya pandemi COVID-19.

Oleh karena itu pengurus santri pondok pesantren al Hilal 1 Cililin memperkuat protokol kesehatan yang telah ditetapkan oleh pemerintah.

Protokol kesehatan yang dimaksudkan adalah jumlah santri yang hadir KBM tatap muka masih dibatasi dan dibagi menjadi dua sesi kelas, yakni kelas pagi dan kelas siang. Hal ini dilakukan dengan maksud untuk mengurangi jumlah kerumunan.

KBM dilaksanakan di Sekolah Menengah Pertama Istiqomah, dan dibagi menjadi beberapa kloter diantaranya; Kelas 7 melakukan KBM tatap muka di hari Senin-Rabu, kelas 8 di hari Senin-Kamis, dan kelas 9 di hari Kamis.

Sebelum KBM dimulai, santri pondok pesantren al Hilal 1 Cililin diberikan arahan oleh ustadz Yedi Lathif (pengurus santri pondok pesantren al Hilal 1 Cililin). Setelah diberikan arahan, KBM dimulai pada pukul 08.00-11.45 WIB seperti sekolah pada umumnya. Ketika memasuki waktu dzuhur, para santri diberikan waktu untuk sholat dan beristirahat.

Santri Pondok Pesantren al Hilal 1 Cililin Melaksanakan KBM Tatap Muka
Dokumentasi Kegiatan pesantrenalhilal.com

Namun biasanya setelah melaksanakan 1-3 mata pelajaran, santri diberikan waktu untuk melaksanakan shalat dhuha terlebih dahulu. Pada dasarnya shalat dhuha bukanlah agenda wajib santri, akan tetapi para santri telah menerapkan ini menjadi sebuah kebiasaan yang akan “terasa aneh” jika tidak di lakukan.

Seperti diketahui bahwa shalat dhuha sendiri memiliki banyak manfaat serta pahala sebagaimana yang disebutkan dalam hadist:

“Siapa saja yang membiasakan (menjaga) sholat dhuha, dosanya akan diampuni meskipun sebanyak buih di lautan.” (HR. At-Tarmidzi).

Santri Pondok Pesantren al Hilal 1 Cililin Melaksanakan KBM Tatap Muka
Dokumentasi Kegiatan pesantrenalhilal.com

Setelah selesai melakukan shalat dhuha para santri melanjutkan pembelajaran berikutnya. Disaat KBM telah selesai, para santri kembali menuju pondok pesantren al Hilal 1 Cililin untuk melanjutkan KBM kepesantrenan.

Selain melaksanakan KBM, ternyata santri pondok pesantren al Hilal 1 Cililin tengah melaksanakan puasa sunnah, dimana hal ini menjadi rutinitas wajib bagi santri al Hilal. Meskipun sedang berpuasa sunnah, para santri tetap terlihat semangat dalam KBM, baik di sekolah maupun di pesantren.

Nah, untuk menambah semangat para santri dalam menjalankan berbagai rutinitasnya seperti puasa sunnah, para pembaca sekalian dapat menyalurkan infak dan shodaqohnya melalui Laziswaf al Hilal, klik disini!

Jazakumullah khairal jaza.

🌐 Website: www.pesantrenalhilal.com

☎ Telepon: 022-2005079

📱 Whatsapp: 0812-2220-2751

©️ Pesantren al Hilal Copyright