Selain di Pondok Pesantren Al Hilal 2 Cipadung dan Pesantren Al Hilal 3 Gegerkalong, pada Selasa (18/07/2023) santri yatim Pesantren Al Hilal 1 Cililin pun turut memeriahkan Tahun Baru Islam 1445 Hijriyah dengan melaksanakan kegiatan Pawai Obor di Desa Rancapanggung, Cililin, Kabupaten Bandung Barat nih sahabat Al Hilal.

Pawai obor 1 Muharram merupakan tradisi yang dilakukan oleh iring-iringan kelompok orang untuk menyambut datangnya 1 Muharram. Mengutip Ridianto dalam artikelnya yang berjudul Nilai-Nilai Pendidikan Islam dalam Tradisi Pawai Obor 1 Muharram, iring-iringan ini akan mengelilingi jalan raya dengan berbusana muslim sembari membawa obor yang dibuat dari bambu.

Dokumentasi pesantrenalhilal.com

Tak hanya itu, untuk menambah meriahnya suasana, mereka juga memainkan alat musik rabana dan gendang. Selama pawai obor 1 Muharram, sholawat dan pujian kepada Allah SWT akan dilantunkan bersama-sama untuk menunjukkan rasa syukur. Sejak awal dimulainya tradisi ini, tak ada ketentuan khusus mengenai siapa yang boleh mengikuti pawai.

Tahukah Sahabat Al Hilal? obor yang para santri pakai untuk pawai tersebut mereka buat sendiri, loh! Dengan tangan yang penuh dengan kreativitas, para santri Pesantren Al Hilal 1 Cililin membuat obor dari bambu yang telah mereka kumpulkan sebelumnya.

Masya Allah, sungguh menyenangkan ya kegiatan para santri Pesantren Al Hilal 1 Cililin! Menyambut Tahun Baru Islam dengan penuh gairah dan semangat, menjadikan para santri lebih mencintai agama islam tentunya. Nah, bagaimana dengan Sahabat Al Hilal di rumah? Kegiatan positif apa saja yang Sahabat lakukan untuk menyambut Tahun Baru 1 Muharram 1445 Hijriah kemarin?

Youtube: Laziswaf Al Hilal & Pesantren Yatim Alhilal

Penulis: Aisyah Masya Allah, sungguh menyenangkan ya kegiatan para santri Pesantren Al Hilal 1 Cililin! Menyambut Tahun Baru Islam dengan penuh gairah dan semangat, menjadikan para santri lebih mencintai agama islam tentunya. Nah, bagaimana dengan Sahabat Al Hilal di rumah? Kegiatan positif apa saja yang Sahabat lakukan untuk menyambut Tahun Baru 1 Muharram 1445 Hijriah kemarin?

×