Close

Keseruan Santri Al Hilal Membaca Buku Islami Dan Inilah Manfaatnya

PESANTREN AL HILAL – Membaca buku menjadi salah satu kegiatan favorit para santri di Pesantren Al Hilal. Khususnya santri Akhwat yang paling menggemari membaca buku bacaan Islami. Jam kosong atau ketika memiliki waktu yang senggang, para santri dan santriwati di Pesantren Al Hilal 1 Cililin menikmatinya dengan membaca buku. Khususnya membaca buku Islami.

Tetapi, tahukah sahabat Al Hilal bahwa membaca buku memiliki manfaat yang luar biasa dalam pandangan Islam? Iqro! Itulah pesan yang disampaikan oleh Rasulullah SAW kepada umat-Nya. Nah, tentang membaca, lantas manfaat membaca buku menurut islam apa sih? Inilah manfaat membaca buku menurut islam berdasarkan hadits dan Al Qur’an yang mungkin jarang diketahui banyak orang.

  1. Bermanfaat Untuk Orang Lain

Dalam HR. Thabrani, Rasulullah SAW bersabda

“Belajarlah kamu semua, dan mengajarlah kamu semua, dan hormatilah guru-gurumu, serta berlaku baiklah terhadap orang yang mengajarkanmu.” (HR Tabrani)

Sahabat Al Hilal, bukankah sebaik-baiknya manusia adalah orang yang paling bermanfaat bagi manusia lainnya? Dengan membaca maka InsyaAllah manfaat yang kita terima dari apa yang kita baca akan bermanfaat bagi orang lain yang kita ajarkan.

  • Menambah Ilmu

Point ini merupakan salah satu point yang dapat kita rasakan manfaatnya. Manfaat membaca buku menurut islam jelas bahwa hal yang teramat dapat kita rasakan adalah  ilmu pengetahuan.

  • Dimudahkan Jalannya Ke Surga

Dalam sebuah hadits di sebutkan bahwa orang yang menuntut ilmu akan dimudahkan jalannya menuju Surga. Dimana membaca termasuk kedalam kategori menuntut ilmu. Dalam hadist yang diriwayatkan oleh Tirmidzi, Rasulullah SAW bersabda

“Barang siapa yang menempuh jalan untuk mencari suatu ilmu. Niscaya Allah memudahkannya ke jalan menuju surga”. (HR. Tirmudzi).

  • Mendatangkan Kebahagiaan Dunia Dan Akhirat

Dari membaca kita juga dapat mengetahui konsep dan strategi di dunia ini. Dari situlah kita bisa memanfaatkannya sebagai jalan untuk mendapatkan kebahagiaan dunia dan akhirat, tentu saja atas ijin Allah SWT. Bahkan dalam Hadist Tirmidzi, Rasulullah SAW bersabda

“Barang siapa yang menghendaki kehidupan dunia maka wajib baginya memiliki ilmu, dan barang siapa yang menghendaki kehidupan Akherat, maka wajib baginya memiliki ilmu, dan barang siapa menghendaki keduanya maka wajib baginya memiliki ilmu”. (HR. Tirmudzi)

Informasi & Call Center

🌐 Website: www.pesantrenalhilal.com

☎ Telpon: 022-2005079

📱 WA: 081 2222 02751

©️ Pesantren Al Hilal Copyright Picture

Penulis:

author

Nafisah Samratul

Content Writter at Pesantren al-Hilal

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *