Assalamualaikum sahabat Al Hilal! Alhamdulillah wa Syukurillah, kegiatan “Subuh Mengaji” santri Pesantren Al Hilal 3 Gegerkalong kembali dilaksanakan! Jumat Subuh tadi (24/03/2023), bersama Asatidz di Pondok, santri pun memulai kegiatannya dengan Solat Subuh Berjamaah, Murojaah Hafalan, Kultum Subuh hingga meminta tanda tangan dan cap Pesantren kepada Asatidznya setelah kegiatan Subuh mengaji dilaksanakan.

Setelah melaksanakan sahur kedua di Ramadhan 1444 H ini, bersama kawan-kawan santri lainnya dan juga asatidz di Pondok, para santri pun mulai melaksanakan pengajian subuh. Tak kenal lelah, para santri mengisi Bulan Suci Ramadhan ini dengan berbagai kegiatan positif.

Ngaji Subuh Pesantren Al Hilal 3 Gegerkalong Hari Kedua
Dokumentasi pesantrenalhilal.com

Kegiatan pun dimulai dengan solat subuh berjamaah. Tahukah Sahabat Al Hilal? Manfaat salat berjaamah yaitu mendapat pahala yang berlipat ganda. Salat berjamaah melampaui salat sendirian dengan (mendapatkan) 27 derajat.” (HR. Bukhari). Allah akan memberi pahala 27 derajat bagi orang yang melaksanakan solat berjamaah.

Setelah melaksanakan solat subuh berjamaah, para santri pun melaksanakan murojaah hafalan. Murojaah adalah menjaga hafalan Al Quran dengan terus-menerus mengulangnya guna meraih mutqin (kuat) dalam bacaan, hafalan, pemahaman, dan pengamalan yang menjadi impian seluruh para hafizh Quran.

Insya Allah, dengan metode ini, para santri Pondok Pesantren Al Hilal 3 Gegerkalong akan menjadi seorang penghafal Al Quran yang hebat!

Ngaji Subuh Pesantren Al Hilal 3 Gegerkalong Hari Kedua
Dokumentasi pesantrenalhilal.com

Setelah murojaah hafalan, para snatri pun mendengarkan Kultum Subuh yang diberikan oleh Ustaz Muhtadi selaku Pimpinan Pondok Pesantren Al Hilal 3 Gegerkalong. namun, tak hanya sampai disitu, para santri juga meminta tanda tangan dan cap pesantren kepada asatidznya sebagai tanda bahwa mereka melaksanakan kegiatan di Pondok Pesantren Al Hilal 3 Gegerkalong dari awal hingga akhir.

Masya Allah tabarakallah, semoga seluruh kegiatan yang dilaksanakan oleh para santri di Ramadhan kedua ini dapat senantiasa dilaksanakan secara rutin oleh para santri. Dan mereka pun diberikan keistiqamahan oleh Allah SWT. Aamiin Yaa Rabbal Alaamiin.

Bagaimana dengan Sahabat Al Hilal di rumah? Kegiatan apa saja yang sudah Sahabat laksanakan untuk mengisi awal dari Bulan Suci Ramadhan 1444 H ini?

YouTube: Pesantren Yatim Alhilal

Penulis: Aisyah

×